Emiten HMSP Bakal Gelar Pesta Rakyat UMKM, Pajang 1.000 Pelaku Usaha
Presiden Direktur Sampoerna Ivan Cahyadi (Foto HMSP)
21:24
2 Juli 2024

Emiten HMSP Bakal Gelar Pesta Rakyat UMKM, Pajang 1.000 Pelaku Usaha

Emiten rokok PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) bakal menggelar Pesta Rakyat UMKM untuk memujudkan komitmennya dalam pengembangan UMKM di Indonesia pada tanggal 22 Juli 2024 mendatang.

Ajang dengan tema “Konsisten Mendukung UMKM, Memperkuat Pengembangan SDM dan Ekonomi Kerakyatan, bagi Indonesia Maju!” ini berlokasi di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Kegiatan Pesta Rakyat UMKM Untuk Indonesia melibatkan lebih dari 1.000 pelaku UMKM binaan Sampoerna melalui program Sampoerna Retail Community (SRC) dan Sampoerna Enterpreneurship Training Center (SETC).

“Mereka ini merupakan figur-figur inspirasional yang berhasil mengembangkan usahanya alias “naik kelas”, seperti pemilik toko kelontong SRC yang berhasil mengembangkan usahanya dan turut membuka lapangan kerja di sekitarnya, serta beberapa pemilik usaha UMKM yang berhasil “pecah telor” mengekspor produknya ke mancanegara,” kata Presiden Direktur Sampoerna, Ivan Cahyadi dalam keterangannya di Jakarta Selasa (2/7/2024).

Baca Juga: Potret Perayaan HUT ke-78 Bhayangkara di Monas

Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia ini diselenggarakan atas kolaborasi Sampoerna bersama Kamar Dagang dan Indonesia (KADIN) Indonesia dengan mengundang pihak Pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Salah satu mitra yang juga digandeng ialah Japanese External Trade Organization (JETRO) yang selama ini bersama KADIN dan Sampoerna telah berkolaborasi membuka akses pasar UMKM ke Negeri Sakura.

Rangkaian acara Pesta Rakyat UMKM Untuk Indonesia ini dikemas agar dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM, di mana mereka akan dapat mengikuti diskusi dan workshop akan diisi oleh nara sumber ahli dari berbagai bidang.

Beberapa topik yang dibahas antara lain digitalisasi, kebijakan pemerintah pada sektor UMKM, pembiayaan dari sektor perbankan, dan berbagai topik lainnya yang relevan untuk mendukung UMKM naik kelas.

“Kolaborasi dan sinergi antara Pemerintah, universitas, pihak swasta, lembaga keuangan, asosiasi, serta pemangku kepentingan lainnya dengan mengikuti Multi-Helix Model secara inklusif merupakan kunci agar UMKM dapat berkembang dengan lebih cepat dan terarah," kata Ivan.

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen Sampoerna terhadap program pemerintah, khususnya dalam mencapai transformasi UMKM di Indonesia agar memiliki daya tahan dan daya saing yang kompetitif, Sampoerna mengadakan Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia. Hal ini sejalan dengan semangat yang berusaha dilanggengkan oleh Sampoerna berupa kolaborasi strategis dengan berbagai pemangku kepentingan melalui SRC dan SETC,” kata Ivan.

Baca Juga: Warga Berdesakan di Pintu Timur Monas, Ingin Nonton Perayaan HUT Polri

Program SRC dan SETC merupakan bagian dari Payung Program Keberlanjutan perusahaan, “Sampoerna untuk Indonesia”. Melalui program SETC dan SRC, Sampoerna memberikan dukungan yang relevan dengan kebutuhan pengembangan SDM bagi pelaku UMKM agar bisa naik kelas, baik di dalam negeri maupun untuk ekspor produknya, sejalan dengan kebijakan strategis Pemerintah. Pengembangan SDM merupakan kunci penting dalam membentuk UMKM yang mandiri, produktif, dan berdaya saing.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #emiten #hmsp #bakal #gelar #pesta #rakyat #umkm #pajang #1000 #pelaku #usaha

KOMENTAR