Caplok Jojonomic, Merkari Akselerasi Transformasi Digital UMKM-Perusahaan Besar
Ilustrasi transformasi digital. [Antoni Shkraba/Pexel]
22:15
27 Juni 2024

Caplok Jojonomic, Merkari Akselerasi Transformasi Digital UMKM-Perusahaan Besar

Mekari, perusahaan platform digitalisasi bisnis, mengakuisisi Jojonomic, perusahaan yang mengembangkan solusi tanpa kode yaitu Officeless Operating System.

Akuisisi ini akan memperluas solusi dan layanan digital Mekari yang dihadirkan untuk mengakselerasi transformasi digital dan pertumbuhan berkesinambungan bisnis di Indonesia.

Sebagai informasi, Mekari menyediakan berbagai solusi bisnis, termasuk untuk human resources, penggajian, akuntansi, pajak, dan customer relationship management, bagi UMKM dan perusahaan besar.

"Melalui akuisisi ini, kami dapat menggabungkan kekuatan dan keunggulan kami dalam mengembangkan solusi terintegrasi berbasis awan yang memenuhi kebutuhan kompleks dan unik beragam bisnis di lintas industri," ujar CEO Mekari, Suwandi Soh yang dikutip Kamis (27/6/2024).

Baca Juga: Dukung Transformasi Digital Indonesia, Pegadaian Hadir dalam Tech In Asia Product Development Conference 2024

Selain itu, akuisisi akan membuka jalan bagi kustomisasi dan integrasi lintas produk yang disesuaikan dengan permintaan bisnis, terutama perusahaan besar.

Suwandi menuturkan, Officeless Operating System yang kini tersedia lewat Mekari akan membuka peluang baru bagi bisnis, baik UMKM dan perusahaan besar, untuk memperluas pemanfaatan solusi digital ke seluruh proses dan aktivitas bisnis.

"Kami mendorong bisnis di Indonesia untuk meningkatkan implementasi solusi digital ke berbagai operasional bisnis karena adopsi teknologi hari ini akan menjadi fondasi bagi penguasaan teknologi masa depan, khususnya artificial intelligence (AI), atau kecerdasan buatan," imbuh dia.

Sementara, CEO Jojonomic, Samiaji Adisasmito menyebut, akuisisi ini akan memungkinkan semakin banyak bisnis mengakses Officeless Operating System, sebuah platform no-code dan low-code yang memungkinkan bisnis menciptakan software aplikasi secara efisien, bahkan tanpa pengetahuan mendalam tentang pengembangan kode.

"Jojonomic berkomitmen untuk terus mengembangkan Officeless Operating System agar semua pengguna kami dan Mekari dapat memanfaatkan platform teknologi tersebut untuk merancang aplikasi yang akan memudahkan mereka memberikan hasil kerja terbaik bagi pertumbuhan bisnis," kata dia.

Baca Juga: 225 Ribu Pelaku UMKM Dapat Fasilitas Perluas Pangsa Pasar di Kanal Digital

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #caplok #jojonomic #merkari #akselerasi #transformasi #digital #umkm #perusahaan #besar

KOMENTAR