Pro Isarel, Konser Bruno Mars di Jakarta Terancam Batal
Acara konferensi pers Konser Bruno Mars di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2024). Konser ini rencananya akan berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) pada 13 dan 14 September 2024. [Rena Pangesti/Suara.com]
12:30
25 Juni 2024

Pro Isarel, Konser Bruno Mars di Jakarta Terancam Batal

Konser Bruno Mars yang dijadwalkan pada 13-14 September 2024 di Jakarta International Stadium (JIS) terancam gagal karena aksi boikot yang menyerukan untuk tidak menghadiri konser tersebut.

Aksi boikot ini dipicu oleh tudingan bahwa Bruno Mars mendukung Israel, negara yang telah lama menduduki Palestina.

Tudingan ini muncul dari unggahan media sosial yang menunjukkan bahwa Bruno Mars pernah menggelar konser di Tel Aviv pada 5 Oktober 2023. Hal ini memicu kemarahan netizen Indonesia yang kemudian menyerukan boikot terhadap konsernya di Jakarta.

Seruan boikot ini semakin marak di media sosial, terutama di Twitter, dengan tagar #BoikotBrunoMars yang sempat menduduki trending nomor dua. Netizen yang mendukung boikot ini meminta masyarakat untuk tidak membeli tiket konser Bruno Mars sebagai bentuk protes terhadap dukungannya terhadap Israel.

Baca Juga: Boikot Produk Israel Salah Sasaran, Restoran Lokal Merana

Hal ini seperti yang dicuitkan oleh akun bernama @/2pacshacute di media sosial X.

"guys, he’s a zionist. he said himself that he loves isnotreal (Israel). please don’t support him." sebut akun itu.

Akun tersebut juga mencantumkan sebuah artikel dari Times of Israel yang menceritakan tentang konser Bruno Mars di Israel. Artikel yang diterbitkan pada tanggal 5 Oktober 2023 tersebut berjudul: Pop superstar Bruno Mars declares his love for Tel Aviv in first-ever Israel show atau Superstar pop Bruno Mars menyatakan cintanya pada Tel Aviv dalam pertunjukan Israel yang pertama.

Alasan Boikot

Para pendukung boikot menyamakan konser Bruno Mars dengan bentuk normalisasi hubungan dengan Israel. Mereka beranggapan bahwa dengan menghadiri konser tersebut, masyarakat Indonesia secara tidak langsung mendukung penindasan Israel terhadap rakyat Palestina.

Baca Juga: Ubah 'Marry You' Jadi 'Marry Tel Aviv', 5 Fakta Konser Bruno Mars di Indonesia Diboikot Buntut Pro Israel

PK Entertainment, selaku promotor konser Bruno Mars di Jakarta, belum memberikan pernyataan resmi terkait aksi boikot ini. Namun, dalam sebuah unggahan di media sosial, mereka menyatakan bahwa konser tersebut akan tetap berjalan sesuai rencana.

Aksi boikot ini dikhawatirkan dapat berdampak pada penjualan tiket konser Bruno Mars. Jika boikot ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin konser tersebut akan dibatalkan.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #isarel #konser #bruno #mars #jakarta #terancam #batal

KOMENTAR