Sekjen Kemnaker: Penyiapan SDM Unggul Perlu dalam Hadapi Perkembangan Teknologi AI
Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi dalam Artificial Intellegence and Indonesia Labour Markets, di Jakarta, Kamis (20/6/2024). (Dok: Kemnaker)
07:40
21 Juni 2024

Sekjen Kemnaker: Penyiapan SDM Unggul Perlu dalam Hadapi Perkembangan Teknologi AI

Penyiapan SDM unggul diperlukan dalam menghadapi perkembangan teknologi AI. Hal ini diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi.

“Penyiapan SDM unggul diperlukan dalam menghadapi perkembangan teknologi AI," katanya, ketika menjadi pembicara pada forum yang diselenggarakan oleh ILO dengan tema Artificial Intellegence and Indonesia Labour Markets, di Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Anwar menambahkan, perkembangan Artificial Intelligence (AI) yang semakin pesat akan memberikan banyak keuntungan, terutama di sektor lapangan pekerjaan.

Sedangkan di sisi lain, teknologi AI juga memberikan tantangan tersendiri dalam menyiapkan SDM Indonesia yang unggul untuk cepat beradaptasi terhadap perkembangan tersebut.

Baca Juga: Negara-negara ASEAN dan Asia Pasifik Diajak Kemnaker untuk Bersinergi dalam Pembangunan TKA

Menurut Anwar, teknologi AI membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan efektivitas, produktivitas, dan efisiensi operasional. Berbagai operasional perusahaan, seperti pengadaan, logistik, dan pergudangan, dapat dijalankan dengan lebih baik menggunakan teknologi AI.

“Proses-proses yang bersifat rutin, sederhana, dan memiliki risiko rendah dapat ditingkatkan kualitasnya melalui penerapan teknologi ini,” ucap Anwar.

Ia yakin, walaupun teknologi AI memiliki risiko dan mengancam beberapa jenis pekerjaan, perlu disadari bahwa teknologi ini juga membawa peluang besar bagi penciptaan jenis pekerjaan baru, peningkatan efisiensi, dan inovasi di berbagai sektor.

Artificial Intellegence and Indonesia Labour Markets, di Jakarta, Kamis (20/6/2024). (Dok: Kemnaker)Artificial Intellegence and Indonesia Labour Markets, di Jakarta, Kamis (20/6/2024). (Dok: Kemnaker)

“Dengan perencanaan yang matang, pendidikan yang tepat, dan kemampuan beradaptasi yang baik, ancaman yang dihadirkan oleh teknologi AI dapat diatasi dan bahkan diubah menjadi peluang bagi perkembangan karier dan perekonomian,” tuturnya.

Baca Juga: Menaker Dorong Kemitraan yang Erat Antara Pengguna TKA dan Platform Penyedia

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #sekjen #kemnaker #penyiapan #unggul #perlu #dalam #hadapi #perkembangan #teknologi

KOMENTAR