Rencana Jangka Panjang Kaltara Titik Beratkan Kawasan Industri Hijau Terbesar Dunia
Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang (instagram/zainalapaliwang)
12:49
11 Juni 2024

Rencana Jangka Panjang Kaltara Titik Beratkan Kawasan Industri Hijau Terbesar Dunia

Provinsi Kalimantan Utara kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), dan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 disebutkan siap dimaksimalkan sebagai nilai tambah dan pemerataan manfaat bagi masyarakat.

Dikutip dari kantor berita Antara, RPJPD disusun dengan prinsip partisipatif, transparan, dan akuntabel. Partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan sangatlah penting.

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dan Wakil Gubernur Yansen TP mengundang semua pihak berpartisipasi dalam menyusun RPJPD Kaltara.

"Masukan dan ide semua lapisan masyarakat sangat berharga untuk merumuskan pembangunan yang komprehensif dan realistis," ungkap Gubernur Zainal Arifin Paliwang.

Baca Juga: UMKM Kabupaten Bantul Perluas Produk Lewat Pameran, Mulai Insidentil sampai Kelas Internasional

Ada pun materi dalam penyusunan adalah mengintegrasikan kebijakan yang mendukung energi terbarukan, pengelolaan limbah berkelanjutan, dan pelestarian ekosistem.

"Ini sejalan komitmen Kaltara menjadi provinsi hijau dibuktikan dengan dibangunnya PLTA Kayan Cascade, PLTA Kayan Mentarang, dan adanya kawasan industri hijau terbesar dunia di Tanah Kuning Kabupaten Bulungan," ungkap Zainal A Paliwang di Tanjung Selor, pada Senin (10/6/2024), dalam Musyawarah Pelaksanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD 2025-2045 di Tanjung Selor.

Menurut Gubernur Kaltara, Musrenbang RPJPD inilah momentum tepat merajut masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi seluruh warga Kalimantan Utara.

Salah satu isu yang berkembang dalam Musrenbang RPJPD adalah ketahanan terhadap perubahan iklim. Kenaikan suhu global, pola cuaca yang tidak menentu, dan upaya pelestarian lingkungan.

Kemudian isu era Industri 5.0, Kaltara siap menyambut perkembangan teknologi dengan menyusun kebijakan yang mendukung penetrasi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di semua sektor.

Baca Juga: Bank Indonesia Nobatkan Bank DKI Sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM

Peningkatan keterampilan masyarakat menjadi kunci untuk menghadapi perubahan ini. Dengan demikian, Kaltara dapat memanfaatkan teknologi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan produktivitas.

Mengingat Kaltara kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), RPJPD juga memprioritaskan akselerasi industri hilirisasi SDA untuk memaksimalkan nilai tambah dan memastikan pemerataan manfaat bagi masyarakat.

"Dan, membangun konektivitas menjadi elemen penting dalam pengembangan Kaltara," tambah Gubernur Zainal Arifin Paliwang.

Disampaikannya rasa optimis perbaikan infrastruktur transportasi dan teknologi informasi akan membuka akses ke wilayah terpencil, meningkatkan konektivitas antardaerah, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata.

Pemprov Kaltara juga berkomitmen membangun masa depan yang inklusif. Setiap kebijakan dipastikan agar semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali, dapat merasakan manfaat pembangunan.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #rencana #jangka #panjang #kaltara #titik #beratkan #kawasan #industri #hijau #terbesar #dunia

KOMENTAR