Rp 44 T, Pembelian  BUMN untuk Produk UMKM Kita
Vending machine UMKM di Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Alfian Winanto]
11:09
6 Juni 2024

Rp 44 T, Pembelian BUMN untuk Produk UMKM Kita

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk melakukan pembelian produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya yang ada di dalam negeri.

Dikutip dari kantor berita Antara, hal ini disampaikan Arya Sinulingga, Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Jadi, banyak sekali orang bilang ini BUMN-BUMN kalau beli barang kenapa sih harus keluar, ke UMKM, dong. Jadi, sudah ada Rp 44 triliun BUMN beli produk UMKM dalam negeri,” tandasnya.

Ia menambahkan bahwa Kementerian BUMN tengah berupaya membantu agar produk-produk UMKM mendapatkan kemudahan dalam memasarkan produk khususnya di sektor domestik.

Baca Juga: Terobosan Mesin Penjualan Otomatis, BUMN Terus Membina UMKM

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendorong penggunaan mesin penjual otomatis atau vending machine di setiap kantor BUMN.

Mesin penjualan otomatis ini sudah dipasang di kantor pusat BUMN, bandara, sampai stasiun kereta api.

Kemudian ada rencana ekspansi dipasang ke kapal Pelni. Langkah ini akan memberikan kemudahan yang sangat dibutuhkan bagi penumpang kapal yang seringkali terbatas dalam membeli oleh-oleh selama perjalanan mereka.

“Pak Erick (Menteri BUMN) bilang coba cari cara bagaimana agar karyawan BUMN membeli produk UMKM. Jadi, keluarlah yang namanya vending machine,” tandas Arya Sinulingga.

Langkah ini memungkinkan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk membeli produk tanpa harus mengunjungi toko fisik.

Baca Juga: Setelah Indofarma, Giliran Kimia Farma yang Diduga Poles Laporan Keuangan

“Ini adalah usaha Pak Erick Menteri BUMN supaya produk teman-teman UMKM bisa langsung dibeli karyawan kami. Jadi, kalau karyawan kerja pagi-pagi atau siang, iseng-iseng dari pada keluar (beli makanan ringan atau cemilan), di sini sudah tersedia vending machine,” kisah Arya Sinulingga tentang awal hadirnya vending machine.

Ia melanjutkan bahwa pembelanjaan produk UMKM oleh BUMN dengan nilai sekitar Rp 44 triliun berlangsung pada tahun lalu.

“Pada 2023, BUMN sudah belanja ke UMKM mencapai Rp 44 triliun,” ungkapnya setelah meresmikan Vending Machine UMKM PT Pegadaian di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Dengan demikian, pembelanjaan produk UMKM juga dilakukan BUMN di mana mesin otomatis telah dipasang di kantor pusat BUMN hingga bandara dan kereta api.

Mesin penjualan otomatis ini adalah bagian dari Kementerian BUMN dalam rangka membantu agar produk-produk UMKM mendapatkan kemudahan dalam memasarkan, khususnya pasar dalam negeri.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #pembelian #bumn #untuk #produk #umkm #kita

KOMENTAR