Gabung Real Madrid, Mbappe Terima Uang Setara 2 Kali Anggaran Indonesia Pintar
Kylian Mbappe (Instagram/@k.mbappe)
10:54
5 Juni 2024

Gabung Real Madrid, Mbappe Terima Uang Setara 2 Kali Anggaran Indonesia Pintar

Kylian Mbappe resmi memilih untuk bergabung dengan Real Madrid setelah meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG). Pergantian klub tersebut terjadi secara bebas transfer setelah kontraknya dengan PSG berakhir pada 30 Juni.

Dalam kesepakatan ini, Mbappe akan mendapatkan gaji bersih sebesar 15 juta Euro per musim dari Real Madrid. Selain itu, Madrid juga akan membayar sejumlah tak kurang dari 100 juta Euro kepada Mbappe sebagai bonus bergabung, yang akan dibayarkan secara bertahap selama lima musim kontraknya.

Pernyataan resmi dari Real Madrid pada Selasa (4/6) menegaskan bahwa kesepakatan tersebut telah dicapai, mengikat Mbappe sebagai pemain Madrid untuk lima musim ke depan.

Pindahnya Mbappe ke Real Madrid dilakukan melalui mekanisme bebas transfer karena kontraknya dengan PSG telah berakhir pada 20 Juni 2024. Namun, Madrid tetap harus membayar bonus bergabung sejumlah tak kurang dari 100 juta Euro atau sekitar Rp1,8 triliun, yang akan dibayarkan selama durasi kontrak.

Baca Juga: Juara Liga Champions, Jude Bellingham: Kylian Mbappe Bisa Bawa Real Madrid ke Next Level Lagi

Jumlah ini sama dengan dua kali anggaran Program Indonesia Pintar yang menyasar 1.000 siswa dan KIP kuliah, senilai Rp900 miliar pada tahun 2024.

Anggaran itu masuk dalam anggaran bantuan sosial (bansos) yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat pada Maret lalu.

"Kemendikbud Rp 900 miliar untuk program Indonesia pintar dan Kemenag Rp 1,1 triliun untuk program Indonesia pintar dan KIP kuliah dan BNPB Rp 800 miliar untuk bencana," kata Menkeu kala itu.

Mbappe, secara pribadi sudah mengungkapkan keputusannya untuk bergabung dengan Real Madrid. SMbappe pada usia 11 tahun, sempat mengikuti trial dengan klub tersebut, namun orang tuanya memilih untuk meniti karier di Prancis terlebih dahulu.

Real Madrid kemudian menunjukkan minat pada Mbappe sejak tahun 2017 setelah penampilannya yang gemilang bersama AS Monaco.

Baca Juga: Kementerian ESDM Minta Tambahan Rp15,12 Triliun untuk Subsidi Listrik 2025

Namun, PSG berhasil mendapatkan tanda tangannya lebih dulu. Meskipun demikian, rumor kepindahannya terus beredar pada musim panas tahun 2021, 2022, dan 2023, baru terwujud pada tahun 2024.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #gabung #real #madrid #mbappe #terima #uang #setara #kali #anggaran #indonesia #pintar

KOMENTAR