83 Persen Rampung, Tugu Nol Kilometer Banjarmasin Dilengkapi Bangunan UMKM
Dinas PUPR Kalsel saat meninjau pembangunan Tugu Nol Kilometer beberapa waktu lalu di Banjarmasin [ANTARA/HO-MC Kalsel]
21:35
31 Mei 2024

83 Persen Rampung, Tugu Nol Kilometer Banjarmasin Dilengkapi Bangunan UMKM

Kota Banjarmasin di Provinsi Kalimantan Selatan sebentar lagi bakal berhias monumen Tugu Nol Kilometer.

Dikutip dari kantor berita Antara, tinggi bangunan Tugu Nol Kilometer mencapai 99 m. Bisa dinaiki pengunjung sampai ketinggian 66 m.

"Keberadaan Tugu Nol Kilometer ini bisa menjadi ikon baru Kalsel, khususnya bagi Kota Banjarmasin," papar Ahmad Solhan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan.

Harapannya, Tugu Nol Kilometer ini bisa menjadi ikon baru di Kalimantan Selatan, khususnya di Kota Banjarmasin. Tempat yang dikenal sebagai kota seribu sungai dan bisa menjadi objek wisata baru nantinya.

Baca Juga: UMKM Kabupaten Lebak Jadikan Makanan Tradisional Andalan Bisnis, Raup Cuan Miliaran Rupiah

Kekinian, pembangunan Tugu Nol Kilometer sudah masuk tahap pemasangan rangka atas dengan lapisan luar berbahan Aluminium Composite Panel (ACP).

Nantinya, disediakan stan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan plaza, baik di dalam mau pun di sekitaran tugu.

"Untuk bangunan utama tinggal 17 persen kurangnya. Sedangkan bangunan di halaman seperti UMKM dan plaza sudah tahap finishing," jelas Ahmad Solhan.

Ia didampingi Yulianti Erlynah, Kabid Cipta Karya, dan Syamsul Bahri, Kepala Seksi Tata Bangunan saat meninjau pembangunan beberapa waktu lalu.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) memastikan pembangunan Tugu Nol Kilometer di Banjarmasin akan selesai tempat waktu sesuai dengan kontrak kerja. Yaitu Desember 2024.

Baca Juga: BritAma Bisnis: Solusi Tabungan Ideal untuk Pengusaha dan Pelaku UMKM

"Progres pembangunannya sudah mencapai 83 persen dan ikon Kalsel ini dipastikan bisa selesai tepat waktu," pungkas Ahmad Solhan.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #persen #rampung #tugu #kilometer #banjarmasin #dilengkapi #bangunan #umkm

KOMENTAR