BKI Kunjungi PT PAL, Bahas Potensi Kerjasama Industri Maritim
PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai Lead Holding BUMN Jasa Survei “IDSurvey” berkomitmen untuk memajukan industi maritim di Indonesia.
15:34
28 Mei 2024

BKI Kunjungi PT PAL, Bahas Potensi Kerjasama Industri Maritim

PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai Lead Holding BUMN Jasa Survei “IDSurvey” berkomitmen untuk memajukan industi maritim di Indonesia, salah satunya dengan kunjungan Direktur Utama, Ketua Majelis BKI dan anggota majelis BKI ke PT PAL.

"Kami sangat terhormat oleh kunjungan pada hari ini. Dimana indonesia adalah negara maritim, dan pada pagi hari ini para stakeholder maritim berkumpul untuk menyatukan ide dan pemikiran dalam mewujudkan kebangkitan maritim NKRI. Pada kunjungan hari ini, mudah-mudahan dapat menjadi cikal bakal dalam menyatukan potensi diantara kita, mewujudkan kemandirian, kemandirian di Teknologi Maritim yang akan menjadi salah satu lokomotif untuk Indonesia Emas 2024," ucap Direktur Utama PT PAL, Kaharuddin Djenod.

“Senang sekali dan suatu kehormatan dapat diterima di PT PAL dan berada di Surabaya ini. Sependapat dengan yang telah disampaikan oleh Direktur Utama PT. PAL, sudah saatnya bagi seluruh stakeholders Indonesia untuk bersatu, karena peluang kita terutama di bidang maritim itu sangat besar. Dan saya rasa itu juga adalah cita-cita kita semua untuk bisa mandiri dan berdiri diatas kaki kita sendiri khususnya di sektor maritim. Sekedar memberikan gambaran tentang apa yang terjadi di BKI saat ini, tadi pun kami telah paparkan bahwa BKI telah menjadi holding, ada beberapa proyek yang sudah berjalan dan akan berjalan, kedepannya kami akan sangat senang dan menyambut dengan terbuka kerjasama-kerjasama antara PT. PAL dan BKI seperti yang sedang kita kerjakan seperti IMO dan proyek dekarbonisasi dan kapal-kapal di masa mendatang,” ucap Direktur Utama PT BKI, Arisudono Soerono.

Pada kunjungan ini turut dihadiri oleh Ketua Majelis BKI Laksamana TNI (Purn.) Prof. Dr. Marsetio. Dirinya mengucapkan apresiasi atas pertemuan tersebut.

Baca Juga:Permudah Akses di IKN, BKI Gandeng DLU Buka Akses Pelayaran Rute Surabaya-Donggala-Balikpapan

“Pertama-tama saya ingin menyampaikan apresiasi untuk pertemuan ini, saya percaya kalau kita bersatu, terutama di bidang maritim kita akan semakin bisa berdiri diatas kaki sendiri dan negara-negara luar pun akan melihat bahwa kita adalah negara yang telah mampu berdiri diatas kaki kita sendiri dan tidak kalah hebat. Dengan adanya pembentukan majelis, kami berharap dapat semakin terintegrasi terutama terkait update yang terjadi di dalam BKI kedepannya. Saya juga ingin menambahkan bahwa BKI juga sudah ditunjuk sebagai lead integrator terutama di bidang klasifikasi. Saya kira rencana kerjasama ini merupakan suatu langkah strategis sistematis yang baik terutama bagi PT. PAL dan BKI kedepannya,” ujar Ketua Majelis BKI.

Dalam kesempatan ini BKI juga diterima oleh Panglima Komando Koarmada II Surabaya, yang dalam kunjungan ini dapat langsung mengunjungi Kapal Perang buatan PT PAL dan saling diskusi terkait kemaritiman untuk menjalin sinergi dan kerjasama khususnya dengan TNI AL.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #kunjungi #bahas #potensi #kerjasama #industri #maritim

KOMENTAR