Kerusuhan di Kaledonia Baru Picu Kenaikan Harga Nikel
Ilustrasi nikel (Antara)
11:39
20 Mei 2024

Kerusuhan di Kaledonia Baru Picu Kenaikan Harga Nikel

Harga nikel melonjak ke level tertinggi dalam hampir sembilan bulan terakhir, dipicu oleh kerusuhan politik di Kaledonia Baru.

Wilayah luar negeri Prancis ini merupakan salah satu produsen nikel terbesar di dunia, dengan cadangan mineral yang melimpah.

Kerusuhan yang terjadi pekan lalu menyebabkan gangguan pada operasi pertambangan nikel di Kaledonia Baru. Hal ini memicu kekhawatiran pasokan global dan mendorong kenaikan harga nikel secara signifikan.

Kontrak berjangka nikel di London Metal Exchange (LME) melonjak 6,44% pada hari Jumat (17 Mei) ke posisi USD 21.019 per ton. Kenaikan ini menandai lonjakan mingguan terbesar untuk nikel sejak Maret 2022.

"Kerusuhan di Kaledonia Baru telah menimbulkan kekhawatiran pasokan nikel di pasar global," kata analis logam senior ANZ Bank, Daniel Hynes.

"Peristiwa ini, bersama dengan faktor fundamental lainnya, mendorong kenaikan harga nikel secara signifikan." tambahnnya.

Kenaikan harga nikel diperkirakan akan berdampak pada berbagai sektor industri, termasuk manufaktur baja dan baterai kendaraan listrik. Nikel merupakan bahan baku penting dalam produksi baja tahan karat dan baterai lithium-ion.

Pemerintah Indonesia, sebagai salah satu negara konsumen nikel terbesar, perlu memantau perkembangan situasi di Kaledonia Baru dengan cermat. Kenaikan harga nikel dapat berimbas pada sektor industri nasional, terutama industri baja dan manufaktur baterai.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #kerusuhan #kaledonia #baru #picu #kenaikan #harga #nikel

KOMENTAR