Menteri ESDM Pesimis Prabowo Mau Ciptakan B100 dari Singkong: Kita Baru B35
Menteri ESDM Arifin Tasrif (Antara)
14:01
16 Mei 2024

Menteri ESDM Pesimis Prabowo Mau Ciptakan B100 dari Singkong: Kita Baru B35

Presiden terpilih Prabowo Subianto berjanji akan menciptakan bahan bakar B100 yang bersumber dari singkong hingga tebu. Cita-cita mulia ini bertujuan agar Indonesia tak mengimpor BBM Solar dari luar negeri.

Meski demikian cita-cita ini dianggap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif tak bisa diwujudkan dalam waktu dekat, pasalnya Indonesia kata dia baru menerapkan campuran bahan bakar nabati dari minyak kelapa sawit sebesar 35 persen, sementara 65 persen sisanya dari BBM solar yang disebut B35.

"Kita kan baru dari B30, B35, ini sekarang mau ke B40 nih. Mudah-mudahan tahun depan bisa ke B40," kata Arifin di Istana Negara, Jakarta Rabu (16/5/2024).

Menurut Arifin penerapan B100 dari singkong dan tebu butuh penelitian lebih lanjut dan ketersedian bahan baku itu sendiri.

"Kita harus melakukan penelitian dari laboratorium kemudian demonstasinya," katanya.

Meski demikian dirinya mengapresiasi langkah yang bakal dilakukan Prabowo ini demi Indonesia mewujudkan kedaulatan energi.

"Iya memang kita harus pakai sumber kita sendiri sumber apa yg ada di kita, kita manfaatkan supaya kita tidak tergantung dan bisa mengamankan kebutuhan energi dalam negeri," pungkasnya.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #menteri #esdm #pesimis #prabowo #ciptakan #b100 #dari #singkong #kita #baru

KOMENTAR