Rp 7 M Lebih Cuan Dipanen dari Kalteng Expo 2024
Sederet produk-produk IKM unggulan di Kalteng Expo 2024, Palangka Raya (15/5/2024) [ANTARA/Muhammad Arif Hidayat].
10:29
16 Mei 2024

Rp 7 M Lebih Cuan Dipanen dari Kalteng Expo 2024

Kalteng Expo 2024 digelar 11-15 Mei di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Pesertanya adalah satuan organisasi perangkat daerah dan instansi vertikal, pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng, para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Industri Kecil Menengah (IKM), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Desa (BUMD), perbankan, sampai pelaku usaha niaga.

Dikutip dari kantor berita Antara, total peserta mencapai 324 stan, yang terdiri atas 74 stan dalam ruangan, 50 stan luar ruangan, serta 200 lapak pedagang kaki lima.

Pameran ini menampilkan ragam produk unggulan daerah. Mulai mebel kayu rotan, kerajinan tangan, kuliner, pakaian, perhiasan, dan masih banyak lagi.

Rangga Lesmana, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalteng menyatakan bahwa terlaksananya kegiatan ini adalah bagian dari implementasi komitmen Pemprov Kalteng. Yaitu dalam rangka mengoptimalkan promosi potensi daerah sekaligus mendorong pemulihan ekonomi.

Diperkirakan bahwa anggota masyarakat yang datang mencapai belasan ribu orang.

"Total omzet mencapai Rp 7,5 miliar dan masih terus bergerak sampai laporan ini disampaikan," jelas Rangga Lesmana saat Kalteng Expo 2024 ditutup.

Sebagai ketua panitia pelaksana Kalteng Expo 2024, ia menambahkan bahwa acara ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah.

Nuryakin, Sekda Kalteng memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Kalteng Expo 2024.

"Seperti kita lihat bersama Kalteng Expo Tahun 2024 berlangsung meriah dan mendapat minat besar masyarakat," ungkap Nuryakin.

Kalteng Expo 2024 juga menggelar sederet kejuaraan yang diumumkan saat penutupan acara. Yaitu lomba stan terbaik, yang dirai Bank Indonesia untuk kategori instansi vertikal. Kemudian Pemerintah Kota Palangka Raya untuk kategori kabupaten/kota.

Selanjutnya, Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng meraih juara kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sedangkan kategori stan favorit diraih Dinas Perkebunan Kalteng.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #lebih #cuan #dipanen #dari #kalteng #expo #2024

KOMENTAR