Tutup Kuartal I-2024, SeaBank Cetak Laba Rp52 Miliar
Menutup kuartal I-2024 SeaBank berhasil mencetak laba sebesar Rp52 miliar (Foto: Istimewa)
10:03
15 Mei 2024

Tutup Kuartal I-2024, SeaBank Cetak Laba Rp52 Miliar

Kinerja keuangan yang positif sukses diraih oleh PT Bank Seabank Indonesia (SeaBank).

Tercatat, pada tiga bulan pertama tahun 2024, SeaBank sukses meraih laba bersih periode berjalan sebesar Rp52 miliar atau tumbuh 283% (yoy), sehingga tingkat pengembalian aset (ROA) Bank melesat dari 0.22% menjadi 0.82% dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Penyaluran kredit perusahaan di kuartal I-2024 pun ikut tumbuh sebesar Rp18.2 triliun atau tumbuh 22.1% (yoy), lebih tinggi daripada rata-rata penyaluran kredit perbankan yakni sebesar 12.4%. 

Sementara Rasio NPL terkendali di angka 2.02%, hal tersebut menunjukkan kemampuan perusahaan untuk mengendalikan kualitas penyaluran kredit.

Faktor pendukung lainnya adalah penurunan beban bunga yang disebabkan oleh rasio dana murah yang naik dari 62.1% ke 64.5%, serta dana pihak ketiga (DPK) di kuartal I-2024 sebesar Rp24.5 triliun yang turun 5.9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama SeaBank Indonesia, Sasmaya Tuhuleley mengatakan kenaikan laba di kuartal I-2024 menandakan kemampuan SeaBank dalam menjalankan bisnis dengan baik sehingga bisa terus melanjutkan tren positif dari tahun 2022 hingga awal 2024.

“Kami menjalankan bisnis selalu dengan prinsip kehati-hatian dan terus mengedepankan inovasi yang menguntungkan nasabah, terbukti di awal tahun ini capaian SeaBank positif, kami berharap terus menjadi lebih baik hingga akhir 2024,” ungkap Sasmaya.

Nasabah SeaBank Tembus hampir 12 Juta di Awal 2024

Hal positif lain yang berhasil diraih SeaBank di kuartal I-2024 adalah kenaikan angka nasabah baru yang mencapai hampir 2 juta nasabah, sehingga saat ini SeaBank telah memiliki hampir 12 juta nasabah di seluruh Indonesia. 

“Akhir 2023 kita berhasil meraih 10 juta nasabah, kuartal I-2024 naik menjadi hampir 12 juta nasabah. Ini merupakan hal yang harus disyukuri dan dijaga, kami berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman perbankan yang terbaik bagi nasabah,” jelas Sasmaya.

Penambahan nasabah juga diikuti dengan kepuasan dari segi produk, aplikasi SeaBank rata-rata mendapatkan rating tinggi 4.9 di Apps Store & Google Play Store yang diartikan sebagai pengalaman baik nasabah selama menggunakan aplikasi SeaBank.

(Dok: SeaBank)(Dok: SeaBank)

Demi meningkatkan pengalaman perbankan yang baik untuk nasabah, SeaBank juga menghadirkan beragam fitur dan layanan baru. SeaBank menjadi bank yang pertama kali meluncurkan program Flash Deal Deposito, promosi tetap yang menawarkan deposito berjangka dengan tingkat bunga s.d. 6.5% pada waktu-waktu tertentu. 

SeaBank juga menghadirkan fitur Transfer Grup yang memudahkan nasabah melakukan transfer ke lebih dari satu orang dalam satu waktu, fitur ini contohnya dimanfaatkan bagi pelaku UMKM yang biasa melakukan transfer gaji ke karyawan atau vendor.

SeaBank Jadi Top 3 Bank Terbaik di Indonesia 2024 Versi Forbes

Pertengahan April 2024 Majalah Forbes merilis daftar bank terbaik di Indonesia dan SeaBank masuk ke dalam peringkat tiga besar. 

Peringkat bank terbaik versi Forbes didapatkan melalui survey kepada nasabah dengan menyampaikan kepuasan terhadap layanan bank serta apakah nasabah mau merekomendasikan bank tersebut kepada orang lain.

Nasabah lalu akan mengurutkan berdasarkan beberapa kriteria seperti tingkat kepercayaan bank, biaya dan bunga bank, pelayanan nasabah (customer service), layanan digital (kemudahan beraktivitas melalui website maupun aplikasi), serta informasi keuangan yang tersedia.

Berikut daftar 5 bank terbaik di Indonesia versi Forbes di 2024:

1. Bank Central Asia

2. Bank Mandiri

3. SeaBank Indonesia

4. Jago

5. Bank Raya

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #tutup #kuartal #2024 #seabank #cetak #laba #rp52 #miliar

KOMENTAR