Ekonomi RI Tak Baik-baik Saja, Banyak Pabrik di Jawa Barat yang Bangkrut di 2024
Ilustrasi. Tahun 2024 menjadi tahun yang kelam bagi industri manufaktur di Jawa Barat.
11:29
10 Mei 2024

Ekonomi RI Tak Baik-baik Saja, Banyak Pabrik di Jawa Barat yang Bangkrut di 2024

Tahun 2024 menjadi tahun yang kelam bagi industri manufaktur di Jawa Barat. Sejumlah pabrik terpaksa gulung tikar akibat berbagai faktor, seperti kondisi ekonomi global yang lesu, meningkatnya biaya produksi, dan disrupsi teknologi.

Meski pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2024 terbilang tokcer dengan tumbuh 5,11 persen namun data ini tak begitu menjamin kondisi ekonomi Indonesia baik-baik saja.

Pasalnya sejumlah pabrik di Jawa Barat sepanjang tahun ini sudah angkat 'bendera putih' dengan menyerah atas keadaaan yang ada.

Berikut daftar pabrik di Jawa Barat yang bangkrut di tahun 2024:

1. PT Hung-A Indonesia (Cikarang)

Pabrik ban ini resmi ditutup pada Februari 2024, menyebabkan sekitar 1.500 karyawan kehilangan pekerjaan. Penutupan pabrik ini dipicu oleh beberapa faktor, di antaranya penurunan permintaan ban dari pasar global dan tingginya biaya bahan baku.

2. PT Sepatu Bata Tbk (Purwakarta)

Pabrik sepatu ternama ini menghentikan operasinya di Purwakarta pada 30 April 2024. Penutupan pabrik ini disebabkan oleh kerugian yang dialami selama 4 tahun berturut-turut.

3. PT Cahaya Timur Garmindo

Pabrik garmen ini berlokasi di Karawang dan resmi tutup pada bulan Maret 2024. Alasan penutupan pabrik ini tidak dipublikasikan secara resmi, namun diprediksi karena faktor ekonomi dan persaingan pasar yang ketat.

Selain 3 pabrik di atas, masih ada beberapa pabrik lain di Jawa Barat yang dikabarkan bangkrut atau berencana untuk tutup di tahun 2024. Situasi ini tentu menjadi keprihatinan bagi banyak pihak, terutama pemerintah dan pekerja yang kehilangan mata pencaharian.

Penutupan pabrik-pabrik ini menjadi indikator bahwa industri manufaktur di Jawa Barat sedang menghadapi tantangan yang berat. Diperlukan upaya serius dari berbagai pihak untuk membantu industri ini agar dapat kembali bangkit dan berkembang.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #ekonomi #baik #baik #saja #banyak #pabrik #jawa #barat #yang #bangkrut #2024

KOMENTAR