Perumda Ambon Buka Titik Baru Jaringan Air Bersih, Kontribusi Kurangi Biaya Kebutuhan Warga
Pengadaan air bersih menjadi bagian dari kebutuhan warga akan air minum dan sanitasi. Sebagai ilustrasi [Envato Elements]
10:57
3 Mei 2024

Perumda Ambon Buka Titik Baru Jaringan Air Bersih, Kontribusi Kurangi Biaya Kebutuhan Warga

Kawasan Wara di Kecamatan Sirimau, dan Kudamati di Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Kepulauan Maluku adalah wilayah perbukitan di mana masyarakatnya selama ini harus membeli air menggunakan mobil tangki bila membutuhkan air bersih.

Dikutip dari kantor berita Antara, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Yapono Ambon telah membuka titik baru jaringan air bersih tahap awal di dua kawasan ini, dengan target awal 250 pelanggan baru.

Pieter Saimima, Plt Direktur Perumda Tirta Yapono, di Ambon, Jumat (3/5/2024) menyatakan bahwa di dua lokasi itu masyarakatnya selama ini membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari melalui mobil tangki air yang nilainya cukup mahal.

"Dengan dibukanya jaringan air bersih di dua kawasan itu, paling tidak bisa mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli air dengan mobil tangki," ungkap Pieter Saimima.

Selain itu, Perumda Tirta Yapono juga mengajukan bantuan sambungan air bersih kepada 1.445 keluarga di Ambon melalui program Instruksi Presiden atau Inpres tentang air minum dan sanitasi.

"Bantuan sambungan air bersih diajukan ke Kementerian PUPR dari anggaran dana Inpres, dalam rangka mencapai target tujuan pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) keenam, yaitu air bersih dan sanitasi layak," kata Pieter Saimima.

Jika mendapat persetujuan dari Kementerian PUPR maka selanjutnya Perumda Tirta Yapono menyasar dua wilayah di Kota Ambon untuk mendapat sambungan air bersih. Yaitu kawasan Passo dan Tawiri.

"Secara tidak langsung berdampak terhadap penambahan pelanggan Perumda Tirta Yapono menjadi kurang lebih 10 ribu pelanggan," lanjutnya.

Ditambahkan oleh Pieter Saimima bahwa layanan Perumda tidak sebatas memberikan kontribusi bagi Pemkot, namun yang terpenting adalah mampu melakukan fungsi menyediakan air minum bagi seluruh warga kota.

"Tugas kami adalah berkontribusi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Yaitu penyediaan air bersih atau air minum yang berkualitas," tukasnya.

Bagi Perumda Tirta Yapono, dengan cara intervensi dan ekspansi dari daerah dataran di pusat kota ke daerah perbukitan seperti Kecamatan Sirimau dan Nusaniwe tadi maka kebutuhan kebutuhan air bersih masyarakat Kota Ambon bisa dipenuhi.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #perumda #ambon #buka #titik #baru #jaringan #bersih #kontribusi #kurangi #biaya #kebutuhan #warga

KOMENTAR