Biaya Layanan Merchant Tokopedia Naik Bulan Depan, Intip Besarannya
Ilustrasi belanja online Tokopedia TikTok Shop. [Tokopedia]
17:00
26 April 2024

Biaya Layanan Merchant Tokopedia Naik Bulan Depan, Intip Besarannya

Tokopedia akan melakukan penyesuaian biaya layanan untuk penjual (seller) per 1 Mei 2024. Selain itu, Tokopedia juga akan merubah skema keanggotaan yang turut merubah biaya layanan.

Berdasarkan pada keterangan di laman seller Tokopedia, biaya layanan untuk keanggotaan seller Power Merchant dan Power Merchant PRO akan naik dari awalnya 2 persen-4,25 persen menjadi 2 persen ke 6,5 persen per produk terjual.

“Pada tanggal 1 Mei 2024 Tokopedia menyesuaikan biaya layanan mulai dari 2% hingga 6,5% berlaku untuk seller Power Merchant dan Power Merchant PRO," tulis keterangan resmi Tokopedia, Jumat (26/4).

Mulai bulan depan Tokopedia juga akan merubah status keanggotan seller mereka. Nantinya akan ada 3 status keanggotaan seller, yakni Power Merchant, Power Merchant PRO, dan Official Store. 

Kebijakan ini mengubah status keanggotaan seller Regular Merchant menjadi Power Merchant. Dengan demikian, fitur dan biaya layanan akan turut menyesuaikan dengan status keanggotaan yang baru.

Adapun biaya layanan seller Power Merchant dan Power Merchant PRO di Tokopedia dibedakan berdasarkan 5 kategori produk. Berikut rinciannya:

-Kategori Grup A: biaya layanan 6,5 persen per produk terjual

-Kategori Grup B: biaya layanan 5,5 persen per produk terjual

-Kategori Grup C: biaya layanan 4,5 persen per produk terjual

-Kategori Grup D: biaya layanan 3,1 persen per produk terjual

-Kategori Grup E: biaya layanan 2,0 persen per produk terjual

Untuk membantu dalam masa transisi, Tokopedia memberikan program terbatas yang terlaksana mulai dari 1 Mei hingga 31 Desember 2024.

Program ini berupa gratis biaya layanan untuk 50 order pertama yang dapat diikuti oleh seller baru yang buka toko terhitung sejak 1 Mei 2024 dan Regular Merchant yang berubah status keanggotaan menjadi Power Merchant dan belum mencapai 50 order pada 1 Mei 2024.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #biaya #layanan #merchant #tokopedia #naik #bulan #depan #intip #besarannya

KOMENTAR