Ekonomi Sirkular Diyakini Ampuh Kurangi Sampah Plastik
Ilustrasi. Pemerintah Indonesia tengah berupaya keras untuk mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025.
10:28
24 April 2024

Ekonomi Sirkular Diyakini Ampuh Kurangi Sampah Plastik

Pemerintah Indonesia tengah berupaya keras untuk mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, sejumlah pihak pun diminta untuk turun tangan membantu pencapaian target ini termasuk dari swasta.

Salah satu produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) AQUA juga turut ambil bagian dalam program ini.

Pihak AQUA pun melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di Provinsi Bangka Belitung dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI).

Program kerja sama pengumpulan sampah plastik di Provinsi Bangka Belitung ini akan berlangsung selama enam bulan sejak April-September 2024. Bangka Belitung dipilih sebagai lokasi program karena merupakan salah satu provinsi yang mengandalkan keindahan dan kekayaan laut sebagai tujuan wisata sekaligus kontributor utama pendapatan daerah.

Sebagai salah satu destinasi wisata prioritas, Kepulauan Bangka Belitung menghasilkan timbulan sampah rata-rata 211 ton per hari (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2023).

Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia, mengatakan kolaborasi ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mendukung target pemerintah untuk mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70%.

"Sejak tahun 2018, kami memperkuat komitmen tersebut melalui #BijakBerplastik yang menekankan tiga hal utama yaitu pengembangkan infrastruktur pengelolaan sampah, edukasi kepada konsumen dan masyarakat, serta inovasi kemasan produk melalui berbagai kolaborasi," kata Vera dalam keterangannya dikutip Rabu (24/4/2023).

Vera menambahkan komitmen ini sejalan dalam mengimplementasikan ekonomi sirkular serta menciptakan ekosistem pengelolaan sampah yang inklusif.

Sementara itu Rosa Vivien Ratnawati, Direktur Jenderal PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengatakan KLHK menyambut baik inisiatif AQUA dan IPI dalam penandatanganan kerjasama ini.

"Meski kerjasama ini baru berlaku di Belitung, namun saya berharap anggota IPI semakin semangat untuk mengumpulkan sampah plastik terpilah, karena ada nilai ekonomi-nya. AQUA pun mendapatkan kualitas sampah terpilah yang bagus. Ini namanya ekonomi sirkular. Jadi sampahnya tidak terbuang ke lingkungan, tapi sampahnya berputar dan bisa dipakai lagi," pungkasnya. 

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #ekonomi #sirkular #diyakini #ampuh #kurangi #sampah #plastik

KOMENTAR