Robert Bonosusatya Punya Pendidikan dan Karir Mewah, Kini Terseret Dugaan Korupsi Rp271 T
Pengusaha Robert Bonosusatya alias RBS selesai diperiksa terkait kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan atau IUP PT Timah Tbk 2015-2022 pada Senin (1/4/2024). (Suara.com/M. Yasir)
14:38
21 April 2024

Robert Bonosusatya Punya Pendidikan dan Karir Mewah, Kini Terseret Dugaan Korupsi Rp271 T

Kasus tentang korupsi timah yang belakangan mencuat ke permukaan ternyata juga menyeret nama Robert Priantoro Bonosusatya atau RBT. Publik kemudian penasaran sebenarnya siapa sosoknya.

RBT dikenal sebagai seorang pengusaha yang cukup besar, namun jarang dibahas oleh media. Bisnisnya berkisar di industri tambang, properti, hingga pengembangan perkebunan. Meski demikian, informasi detail mengenai bisnis dan kehidupan pribadinya cukup sulit ditemukan.

Pendidikan dan Karir Robert Bonosusatya

Memiliki nama lengkap Robert Priantono Bonosusatya, sosoknya merupakan seorang pengusaha kondang yang memiliki reputasi cukup besar di industri pertambangan. Latar belakang keluarga pengusaha yang ia miliki juga menjadi dasar kuat atas hal ini.

Robert sendiri adalah anak laki-laki satu-satunya dari sembilan bersaudara, yang kemudian berhasil memperluas jaringan bisnis keluarga yang dirintis oleh sang ayah. Tidak hanya memperluas jaringan di kalangan pengusaha, RBT juga diketahui menjalin kedekatan dengan banyak petinggi kepolisian.

Dilihat dari segi pendidikan, dirinya adalah lulusan dari University of California, pendidikan yang cukup bergengsi dan diketahui berkualitas sangat baik.

Perjalanan Karir dari RBT

Dilihat dari segi karir, dirinya pernah tercatat sebagai bagian dari manajemen beberapa perusahaan terkemuka. Mulai dari PT Citra Marga Nusaphala Tbk yang merupakan perusahaan jalan tol, kemudian PT Synthesis Karya Pratama yang adalah pengembang dari Plaza Semanggi, pemilik dari Hotel Butik The Gunawarman di Jakarta Selatan, hingga konsesi sawit di Kabupaten Tebo dan Batang Hari, Jambi.

Keterkaitan RBT dengan Kasus Timah 271 T

Ia menjadi salah satu nama yang disebut dalam pernyataan penyidik, yakni mengenai keterkaitannya dengan perusahaan PT Timah Tbk. Perusahaan yang ia miliki, PT Refined Bangka Tin, dikatakan merupakan mitra utama dari PT Timah Tbk yang terjerat kasus besar tersebut.

Meski demikian, Robert membantah hal ini dan menyatakan ia tidak memiliki hubungan langsung dengan PT Refined Bangka Tin. Hingga saat artikel ini ditulis, status Robert adalah tersangka dalam kasus tersebut. Penyelidikan terus diperdalam untuk menemukan fakta sebenarnya.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #robert #bonosusatya #punya #pendidikan #karir #mewah #kini #terseret #dugaan #korupsi #rp271

KOMENTAR