Evaluasi Contraflow Libur Lebaran 2024: Mobil Damkar Jadi Safety Car
Kendaraan melintasi jalur rekayasa contraflow di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 35, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Arief Hermawan P]
17:43
17 April 2024

Evaluasi Contraflow Libur Lebaran 2024: Mobil Damkar Jadi Safety Car

Kementerian Koodinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) selaku penanggungjawab penyelenggaraan Mudik Lebaran 2024 menyatakan adanya perbaikan skema rekayasa lalu-lintas lawan arah atau contraflow.

Dikutip dari kantor berita Antara, perbaikan skema contraflow dilakukan berdasarkan hasil evaluasi terhadap dinamika mudik yang terjadi.

Ada beberapa kejadian yang menonjol saat rekayasa lalu-lintas lawan arah ini diterapkan. Antara lain tabrakan di jalur contraflow KM58 Tol Jakarta Cikampek, Senin (8/4/2024), yang menyebabkan 12 orang dalam satu kendaraan meninggal dunia.

Kemudian kecelakaan bis Rosalia Indah di KM370A Jalan Tol Semarang-Batang, Kamis (11/4/2024), yang mengambil nyawa tujuh penumpang.

Menteri Koodinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy setelah menghadiri rapat koordinasi di Rumah Dinas Wakil Presiden di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024) menyatakan Pemerintah memperbaiki skema rekayasa lalu-lintas contraflow atau lawan arah.

Caranya dengan memperapat jarak penempatan barrier sampai memasang tameng pengaman.

"Untuk contraflow sudah hasil evaluasi dan langsung ditindaklanjuti. Sekarang barrier semakin diperapat, semula 13 m, sekarang diperapat menjadi sekitar 8 m," jelas Menko PMK.

Operator lalu-lintas juga membangun tameng di sisi jalur untuk mencegah kendaraan keluar dari jalur lawan arah.

"Kemudian nanti akan kami bangun semacam penangkis kalau ada kendaraan yang bergeser ke jalur yang berlawanan. Nanti ada beberapa pembatas," lanjut Muhadjir Effendy.

Ditambahkannya bahwa perbaikan lainnya terhadap contraflow berdasarkan penyelenggaraan Mudik Lebaran 2024 adalah menyiagakan safety car di titik contraflow agar kejadian kecelakaan bisa dengan cepat dievakuasi.

Salah satu bagian dari safety car adalah mobil pemadam kebakaran atau damkar yang ditempatkan di sejumlah titik lawan arah.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #evaluasi #contraflow #libur #lebaran #2024 #mobil #damkar #jadi #safety

KOMENTAR