Profil Emiten MHKI, Harga Saham Dibuka pada Rp160 per Lembar
Layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (16/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
15:45
17 April 2024

Profil Emiten MHKI, Harga Saham Dibuka pada Rp160 per Lembar

PT Multi Hanna Kreasindo Tbk. (MHKI) secara resmi melakukan pencatatan saham perdana. Disampaikan oleh dirut dari perusahaan tersebut bahwa manuver perusahaan melalui pencatatan saham di BEI adalah bagian dari usaha perusahaan untuk memberikan solusi dalam menjaga kelestarian bumi. Secara resmi melantai pada 16 April 2024 lalu, berikut ulasannya.

Profil PT Multi Hanna Kreasindo Tbk. (MHKI)

Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan limbah industri B3 dan non B3 melalui penerapan konsep reuse, recycling, recovery. Bisnisnya terintegrasi dan memiliki unit bisnis pengangkutan, pengumpulan, pengolahan, hingga pemanfaatan limbah B3.

Telah berada di industri Indonesia selama kurang lebih sembilan belas tahun, MHKI menunjukkan konsistensi dan komitmen untuk mencarikan jalan keluar bagi sejumlah perusahaan dalam mengatasi persoalan limbah proses produksi yang dilakukannya.

Profil Saham MHKI secara Umum

MHKI secara resmi menawarkan saham sebanyak 750,000,000 dalam IPO yang dilakukan. Dengan nominal Rp50 atau sebanyak-banyaknya 20% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO terjadi.

Awalnya, harga penawaran umum yang diluncurkan adalah sebesar Rp160 per saham. Namun demikian nilai sahamnya tercatat mengalami penurunan sebesar 12,5%, ke angka Rp140 per lembar saham. Pada Selasa pagi, nilai transaksi pada saham MHKI tercatat sebesar Rp1,47 miliar.

Dengan jumlah penawaran tersebut, MHKI berharap dapat menggalang dana hingga mencapai Rp120 miliar dalam pembukaan saham tersebut.

Penurunan nilai saham di hari pertama ini disikapi dengan wajar oleh pemilik perusahaan. Namun demikian langkah strategis tentu akan dilakukan agar nilainya terjaga, namun tanpa mengorbankan ketertarikan masyarakat yang ingin turut membeli saham dari perusahaan tersebut.

Alokasi Dana Hasil IPO

Secara umum, seluruh dana hasil IPO akan digunakan untuk memperkuat kinerja bisnis MHKI, secara nyata guna melakukan belanja modal ATLA sebesar 97,9%. Dari angka tersebut rinciannya adalah 60,32% untuk memenuhi kebutuhan belanja modal terkait rencana pembangunan pabrik di Lamongan, dan 39,68% untuk belanja modal di Head Office MHKI.

Sisa hasil IPO sebesar 2,1% kemudian akan dimanfaatkan sebagai modal kerja dari MHKI untuk menambah persediaan bahan baku dan biaya operasional.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #profil #emiten #mhki #harga #saham #dibuka #pada #rp160 #lembar

KOMENTAR