Lebih dari 20.000 Orang Diprediksi Naik Kereta Cepat Whoosh Hari Ini
Kereta cepat Whoosh. [BRI]
13:31
14 April 2024

Lebih dari 20.000 Orang Diprediksi Naik Kereta Cepat Whoosh Hari Ini

Penumpang PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC)  diperkirakan menembus lebih dari 20 ribu orang pada hari ini, Minggu (14/4/2024) atau H+4 lebaran.

“Hari ini merupakan weekend terakhir sebelum cuti bersama Idul Fitri usai pada 15 April 2024. Hal itu diprediksi akan membuat adanya lonjakan pergerakan penumpang untuk kembali ke Jakarta pada Minggu, 14 April 2024,” kata General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa.

Eva memperkirakan bahwa pada puncak arus balik ini, jumlah penumpang Whoosh kemungkinan akan melampaui angka 20 ribu. Hal ini disebabkan oleh terus berlangsungnya penjualan tiket dan diperkirakan masih banyak penumpang yang akan membeli tiket di hari keberangkatan.

"Kami melihat adanya peningkatan aktivitas dan penumpang yang mulai terlihat, dan kami memperkirakan hari ini akan menjadi puncak arus balik Kereta Cepat Whoosh. Penjualan tiket Whoosh untuk keberangkatan Minggu (14/4) telah mencapai lebih dari 17 ribu tiket pada Sabtu (13/4) malam," ujar Eva.

Untuk mengantisipasi tingginya minat masyarakat terhadap Kereta Cepat Whoosh, KCIC telah meningkatkan jumlah perjalanan Whoosh sebanyak 30 persen menjadi 52 perjalanan per hari hingga tanggal 18 April 2024.

Eva menyatakan bahwa keberangkatan penumpang pada puncak arus balik ini didominasi oleh penumpang yang berangkat dari Stasiun Bandung dan menggunakan KA Feeder menuju Stasiun Padalarang. Tidak sedikit pula penumpang yang memilih berangkat langsung dari Stasiun Padalarang dan Tegalluar.

"Jam-jam favorit penumpang pada puncak arus balik ini adalah mulai jam 13.00 WIB hingga pukul 20.30 WIB dengan okupansi di atas 90 persen," tambahnya.

Eva mengimbau kepada penumpang untuk memperhitungkan waktu perjalanan menuju area stasiun Kereta Cepat, baik itu Stasiun Bandung, Padalarang, atau Tegalluar.

Menurut dia pada puncak arus balik rawan terjadi kemacetan di Jl Soekarno Hatta menuju Stasiun Tegalluar, Pintu Tol Pasteur menuju Stasiun Padalarang maupun jalan dalam kota menuju Stasiun Bandung.

"Mengingat kemungkinan adanya peningkatan volume kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan di ruas jalan menuju stasiun," kata dia, dikutip via Antara.

Selain itu, ia juga meminta penumpang untuk hadir setidaknya 30 menit sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi tertinggal kereta Whoosh ataupun kereta feeder. Hal tersebut dikarenakan Gate Whoosh dan KA feeder ditutup lima menit sebelum keberangkatan.

"Pastikan kembali rute dan jadwal perjalanan Whoosh maupun KA Feeder Anda. Jangan sampai ada yang tertinggal karena terlambat ke stasiun yang diakibatkan kemacetan di masa puncak arus balik kali ini,” pungkas Eva.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #lebih #dari #20000 #orang #diprediksi #naik #kereta #cepat #whoosh #hari

KOMENTAR