Minggu Diprediksi Puncak Arus Balik KA
PADAT : Situasi arus balik di Stasiun Tawang Semarang, Sabtu (13/4) petang terlihat sudah mulai padat. (istimewa)
23:45
13 April 2024

Minggu Diprediksi Puncak Arus Balik KA

 Arus balik di Stasiun Tawang Semarang, Sabtu (13/4) petang mulai padat. Dari data yang ada, sekitar 30 ribu lebih penumpang kembali ke perantauan dari beberapa stasiun yang ada di wilayah Daop 4 Semarang.

Arus balik sendiri, diprediksi akan terjadi sampai Selasa (16/4) atau akhir libur cuti bersama. Namun puncak arus balik diperkirakan terjadi Minggu (14/4) besok.

“Saat ini arus balik sudah cukup padat, dari total keseluruhan penumpang yang balik sekitar 30.500 penumpang,” kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo di Stasiun Tawang, Sabtu (13/4) petang.

Fran sapaannya menjelaskan, kota yang paling banyak dituju adalah Jakarta dan Bandung. Untuk ke arah timur adalah Surabaya, Jember, Banyuwangi dan Malang. Sementara untuk kereta api (KA) lokal, kota yang paling banyak dituju adalah Jogjakarta, Solo, Tegal dan Cepu.

“Puncaknya diprediksi Minggu (14/4), jumlahnya akan lebih dari 30 ribu penumpang kembali ke perantauan. Sampai Selasa (16/4) kita prediksi jumlahnya tak jauh dari itu,”jelasnya.

Menurutnya, pada hari sebelumnya Jumat (12/4) jumlah penumpang berangkat lebih tinggi mencapai 30.772 orang. sementara penumpang yang tiba mencapai 29.557 orang.

“Pemberangkatan penumpang terbanyak berada di stasiun Semarang Tawang mencapai 7.430 orang, kedua stasiun Poncol 6.165,” tuturnya.

Franoto mengatakan saat ini banyak tiket yang tersedia. Sisa tiket sampai dengan 21 April 2024 mencapai 38 ribu . “Jumlah tersebut mencakup kereta api jarak jauh, menengah lokal atau jarak dekat,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi membeludaknya penumpang, PT KAI Daop 4 mengoperasionalkan tiga KA tambahan yakni Argo Merbabu, Ciremai, dan Kaligung. Selain itu juga ada delapan KA tambahan yang melintasi di Daop 4 Semarang.

“Ada tiga KA tambahan yang dioperasionalkan, lalu ada delapan perjalanan KA tambahan yang akan melintas di Daop 4 Semarang,” pungkasnya.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #minggu #diprediksi #puncak #arus #balik

KOMENTAR