Urai Kemacetan Arus Balik Lebaran 2024, Armada Kapal Siaga di Rute Ini
Pelindo Banten dengan Pelabuhan Ciwandan yang bakal digunakan untuk arus Balik Lebaran 2024. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Sopian Sauri]
10:58
13 April 2024

Urai Kemacetan Arus Balik Lebaran 2024, Armada Kapal Siaga di Rute Ini

Saat Mudik Lebaran 2024, rute antarpulau Jawa ke Sumatera yang populer digunakan para pemudik adalah Merak-Bakaheuni. 

Kini, rute dari Pelabuhan Panjang, Bandarlampung tujuan Pelabuhan Ciwandan juga ditambah armadanya.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah armada kapal untuk mengurai kepadatan lalu-lintas dan mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang dan kendaraan selama arus Balik Lebaran 2024 di rute Panjang-Ciwandan.

“Kami berkomitmen untuk membantu mengurai kepadatan lalu lintas di ruas penyeberangan Bakaheuni-Merak dengan mengerahkan bantuan armada kapal negara dan swasta dengan rute Panjang-Ciwandan,” jelas Antoni Arif Priadi, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub di Jakarta, Jumat (12/4/2024).

Dengan adanya bantuan armada kapal kenavigasian KN. Edam dan kapal patroli KPLP KN. Trisula di ruas penyeberangan Panjang-Ciwandan, dilangsungkan pengangkutan pemudik Balik Lebaran, yang mulai beroperasi pada Jumat (12/4/2024) sampai Kamis (18/4/2024).

“Tidak hanya itu, kami juga menyediakan armada kapal KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea yang akan beroperasi di ruas yang sama selama periode yang sama," imbuh Antoni Arif Priadi.

Harapan dari pengerahan armada tambahan ini untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan masyarakat selama masa arus Balik Lebaran 2024.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini dengan tertib dan mematuhi aturan yang berlaku. Kami siap untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa angkutan laut," tandasnya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan kelancaran operasional armada tambahan itu.

Seluruh calon pemudik yang siap Balik Lebaran diimbau melakukan perjalanan dengan memperhatikan keselamatan berkendara.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berharap dengan langkah ini masyarakat dapat merasakan manfaatnya dalam mengurangi kepadatan lalu lintas dan menjadikan perjalanan selama arus Balik Lebaran lebih selamat, aman dan nyaman bagi semua pihak yang terlibat," ungkap Antoni Arif Priadi.

Kapal yang telah ditetapkan masuk jadwal bantuan armada adalah:

  • 12 April 2024 yaitu KMP Panorama Nusantara, dan KMP ALS Elvina. 
  • 13-18 April 2024 disiapkan KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #urai #kemacetan #arus #balik #lebaran #2024 #armada #kapal #siaga #rute

KOMENTAR