Kapolri Sebutkan Puncak Arus Mudik Angleb 2024 Bergeser, Manajemen Berjalan Baik
Gerbang Tol Cikampek Utama. Sistem satu arah diberlakukan pada Jumat malam (5/4/2024) dari Tol Cikampek hingga ke Gerbang Tol Kalikangkung di Jateng [Antara]
07:50
9 April 2024

Kapolri Sebutkan Puncak Arus Mudik Angleb 2024 Bergeser, Manajemen Berjalan Baik

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, dan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meninjau pelaksanaan operasional arus mudik Lebaran 2024 di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) pada Senin (8/4/2024) malam.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa puncak arus mudik pada masa Angkutan Lebaran 2024 atau Angleb 2024 terjadi pada H-4 Lebaran. Jika dibandingkan tahun lalu terjadi pada H-3 Lebaran.

"Terjadi peningkatan kecepatan untuk pencapaian mulai dari start sampai dengan Jawa Tengah, yang biasanya delapan jam kalau ini menjadi 6,7 jam," ungkap Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kapolri memaparkan manajemen arus mudik di empat gerbang tol utama keluar Jakarta, yaitu Cikatama, Kalitama, Ciawi, dan Cikupa berjalan dengan baik, mulai dari awal masuk di Km 50 hingga Km 414 Kalikangkung.

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menambahkan, untuk menjaga keselamatan perjalanan transportasi umum, telah dipersiapkan pelayanan tes urine hingga tes kesehatan bagi pengemudi bus.

“Kami mengimbau pengemudi tidak memaksakan diri ketika kelelahan, karena akan berdampak fatal jika dipaksakan," tandas Kapolri.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa pemudik yang melalui empat gerbang tol utama keluar Jakarta tadi mengalami perubahan pola dari sebelumnya. Yaitu yang biasanya siang, kini lebih banyak dilakukan malam hari.

"Dari apa yang kami lihat, ada perubahan dari tahun yang lalu. Kalau tahun lalu itu pemudik lebih suka siang hari, namun sekarang lebih suka malam, sehingga siangnya cenderung kosong. Nah, bagaimana kita memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat, ini menjadi penting," jelasnya.

Menhub juga mengapresiasi petugas lapangan yang bertugas siang dan malam serta melakukan evaluasi secara berkala untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Kemudian beliau menyampaikan rasa duka cita mendalam atas musibah kecelakaan yang terjadi di Km 58 Tol JakartaCikampek pada Senin (8/4/2024) pagi.

Disebutkannya bahwa kejadian ini menjadi pelajaran mahal dan evaluasi untuk pelaksanaan mudik ke depan, baik dari sisi kebijakan maupun sosialisasi kepada masyarakat.

Ia mengimbau para pemudik untuk menjaga kondisi badan tetap prima dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik.

“Jika memang kelelahan, harus beristirahat di rest area yang telah disediakan," demikian wanti-wantinya.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #kapolri #sebutkan #puncak #arus #mudik #angleb #2024 #bergeser #manajemen #berjalan #baik

KOMENTAR