Persiapan Infrastruktur Ruas Jalan Tol: Dipastikan Tidak Ada Perbaikan Selama Arus Mudik Lebaran 2024
Astra Infra pastikan tidak ada perbaikan ruas tol selama Arus Mudik Lebaran 2024 [Astra Infra].
13:16
2 April 2024

Persiapan Infrastruktur Ruas Jalan Tol: Dipastikan Tidak Ada Perbaikan Selama Arus Mudik Lebaran 2024

Astra Infra sebagai salah satu investor operator infrastruktur, khususnya jalan tol, menyatakan kesiapan infrastruktur jalan tol di ruas Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto untuk memberikan pengalaman perjalanan mudik yang lancar, aman, dan nyaman, serta mendukung pemerintah menyukseskan arus Mudik Lebaran 2024.

Dikutip dari rilis resmi Astra Infra sebagaimana diterima , kualitas jalan memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang keselamatan pengguna jalan tol.

Jalan yang rusak memaksa pengendara memperlambat laju kendaraan, menghindar, bahkan melakukan manuver lain yang meningkatkan potensi atau risiko terjadinya kecelakaan lalu-lintas.

“Sesuai komitmen kami sebelumnya, kami telah memastikan kesiapan kondisi infrastruktur jalan dan memastikan tidak ada perbaikan jalan selama arus Mudik Lebaran tahun ini. Kami berharap upaya ini dapat membantu memperlancar
perjalanan dan meningkatkan keselamatan pengguna jalan,” ungkap Billy Perkasa Kadar, Group Chief Operating Officer Astra Infra.

Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak memastikan tidak ada pekerjaan konstruksi di jalur, serta telah memastikan tambahan gardu satelit Cikupa bisa digunakan para pengguna jalan rol ruas ini.

Selain itu, untuk menjamin kondisi jalan saat periode arus mudik, telah dilakukan operasi penutupan lubang, dan penyiagaan personel pemeliharaan dan perbaikan jalan. Didukung sarana prasarana jalan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, yang terdiri dari tim perkerasan jalan, tim drainase, tim kebersihan jalur dan tim landscape, termasuk ketersediaan material konstruksi, dan alat kerja untuk pemeliharaan rutin maupun darurat.

Dan kabar menarik lainnya bagi pengguna infrastruktur tol jalan raya adalah diskon tarif sebagai salah satu upaya untuk mengurai kepadatan di puncak arus mudik. Seperti Astra Tol Tamer atau Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak memberikan diskon 10 persen kepada pengguna jalan yang melakukan perjalanan mudik lebih awal menuju Merak.

Pemberian diskon tarif tol ini berdasarkan hasil kajian yang telah dikoordinasikan dengan pihak terkait termasuk Asosiasi Tol Indonesia (ATI).

Pemberlakukan diskon Astra Tol Tamer berlaku empat hari:

  • 1 April 2024, pukul 00.00 WIB - 2 April 2024, pukul 24.00 WIB
  • 17 April 2024, pukul 00.00 WIB - 18 April 2024, pukul 24.00 WIB

Diskon berlaku bagi kendaraan golongan 1 (kendaraan penumpang), dengan jarak terjauh dari Gerbang Tol Cikupa sampai Gerbang Tol Merak, dan sebaliknya.

Persiapan infrastruktur ruas tol Cikopo - Palimanan berupa operasi penutupan lubang, pembersihan dan perbaikan drainase, serta normalisasi cross drain dan box culvert di KM 136, 144, dan 152 untuk mengantisipasi peningkatan debit air dalam kondisi hujan deras.

Sebagai bagian dari persiapan, telah dilakukan uji coba contra flow di KM 153 - 157 pada Jumat (29/3/2024), uji coba ini adalah wujud sinergi Astra Tol Cipali dengan pihak Kepolisian setempat dalam mengantisipasi volume lalu-lintas tinggi yang diperkirakan terjadi di lokasi ini yang bersinggungan dengan Tol Cisumdawu.


Di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto, selain pengecekan kondisi konstruksi yang telah dilakukan, disiagakan juga petugas lapangan yang siap melakukan pemeliharaan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #persiapan #infrastruktur #ruas #jalan #dipastikan #tidak #perbaikan #selama #arus #mudik #lebaran #2024

KOMENTAR