Jadi Operator Bus Mudik Gratis BUMN, Gimana Layanan Reguler Damri?
Ilustrasi DAMRI. [ANTARA]
12:23
26 Maret 2024

Jadi Operator Bus Mudik Gratis BUMN, Gimana Layanan Reguler Damri?

Perum Damri telah ditunjuk sebagai operator bus mudik gratis BUMN pada tahun ini. Damri bertugas menyediakan dan memastikan bus layak digunakan untuk perjalanan mudik gratis BUMN ini.

Lantas dengan adanya tugas ini, layanan reguler terganggu?

Corporate Secretary Damri Chrystian RM Pohan mengatakan, dalam penyediaan bus untuk mudik gratis ini, perseroan tidak hanya mengerahkan bus milik sendiri. Akan tetapi, Damri juga menggandeng operator bus swasta untuk penyediaan bus.

Pohan mengungkapkan, Damri sendiri mengerahkan 40 armada bus untuk mudik gratis BUMN tahun ini.

"Karena sebenarnya bus kita itu bus reguler, bukan bus khusus pariwisata dari dulu Damri itu. Jadi bus reguler. Jadi kalau kita seandainya ambil dari reguler kan itu akan memengaruhi yang reguler kan. Makanya kita ada kerja sama dengan pihak swasta juga," ujarnya di Jakarta yang dikutip, Selasa (26/3/2024).

Dalam pelaksanaan mudik gratis ini, lanjut Pohan, Damri menyediakan 250 armada bus. Hanya saja, dirinya tidak merinci perusahaan otobus mana saja yang diajak kerja sama penyediaan bus untuk mudik gratis BUMN.

Namun Pohan mengakui, Damri terbuka untuk perusaha otobus mana saja yang ingin bekerja sama menyediakan bus.

"Untuk yang diberangkatkan serentak ada 150 bus, di mana satu bus 40 seat dari Monas tanggal 5," jelas dia.

Selain ketersediaan bus, tutur Pohan, Damri juga akan melakukan pengecekan ke semua armada bus agar bisa memenuhi standar keamanan dan kelayakan perjalanan mudik.

Tak hanya bus, Damri juga akan memerikan para sopir bus dengan tes kesehatan sepertu, tes narkoba dan alkohol.

"Pastinya semua kita siapkan benar-benar. Makanya teman-teman DAMRI mulai lakukan ramp check dari sekarang, cek armada supaya enggak mogok. Yang susah di kita biasanya kemacetan, karena kita di jalan. Untuk ramp check kita enggak dari internal, dari Kementerian Perhubungan dan teman-teman daerah kita lakukan ramp check juga," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #jadi #operator #mudik #gratis #bumn #gimana #layanan #reguler #damri

KOMENTAR