Empat Ruas Tol Jasa Marga Ini Gratis Selama Mudik Lebaran
Suasana lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Antara/Dokumentasi PT Jasa Marga
10:46
22 Maret 2024

Empat Ruas Tol Jasa Marga Ini Gratis Selama Mudik Lebaran

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberikan tarif Rp 0 atau gratis beberapa ruas tol selama mudik lebaran 2024. Terdapat empat ruas tol yang diberikan tarif gratis, karena operasionalnya masih fungsional.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, ruas tol ini difungsionalkan tujuannya untuk mengurai kepadatan penumpang selama arus mudik.

Ruas tol pertama yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km.

"Hal yang kita siapkan untuk menampung kapasitas kendaraan yang akan meningkat, pertama kita siapkan ruas fungsional Tol Japek II Selatan sepanjang 8,5 km segmen Sadang-Kutanegara," ujar Lisye di Jakarta yang dikutip, Jumat (22/3/2024).

Kedua, ruas tol Solo-Yogyakarta segmen Colomadu-Ngawen sepanjang 22,3 km. Ruas Tol ini akan menghubungnkan Jalan Provinsi Boyolali ke Jalan Nasional Jogja-Solo.

Ruas tol ini difungsionalkan hanya pada waktu tertentu pada pukul 06.00-17.00 WIB, di mana untuk arus mudik tanggal 5-11 April 2024 dan periode arus balik 12-15 April 2024. Ruas tol ini juga diperuntukan untuk kendaraan golongan I.

Kemudian ketiga, rus tol Palinkanci KM KM 208+150 s.d KM 210+190 sepanjang 2,04 km juga akan dioperasikan secara fungsional selama mudik lebaran. Setelah itu keempat akses tol KM 99 ruas tol Cipularang akan dibuka secara fungsional.

Dalam mudik tahun ini, Jasa Marga memprediksikan jumlah kendaraan yang wara-wiri di ruas tol yang dimili mencapai 1,86 juta, di mana puncak arus mudik terjadi pada tanggal 6 April.

"Arus mudik naik 0,03%. Tahun lalu menjadi puncaknya dalam sejarah mobilisasi tertinggi. Kita proyeksikan akan ada lonjakan juga cukup tinggi dibanding tahun lalu," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #empat #ruas #jasa #marga #gratis #selama #mudik #lebaran

KOMENTAR