Harga Tiket Pesawat Saat Hari Biasa vs Jelang Lebaran, Naik Dua Kali Lipat!
Ilustrasi penumpang di Bandara Ngurah Rai Bali. [Ist]
17:03
18 Maret 2024

Harga Tiket Pesawat Saat Hari Biasa vs Jelang Lebaran, Naik Dua Kali Lipat!

Mudik Lebaran menjadi momentum tahunan yang mendatangkan keuntungan berlipat bagi pelaku industri transportasi, salah satunya pesawat terbang. Perbandingan harga tiket pesawat saat hari biasa dan jelang Lebaran seperti sekarang pun terpaut cukup jauh. 

Pantauan dari situs tiket.com, harga tiket pesawat dari Jakarta menuju Denpasar per Senin (18/3/2024) paling murah adalah Rp703.000. Sementara menuju Medan tiket termurahnya adalah Rp1,2 juta, dan menuju Surabaya adalah Rp884.000. 

Sedangkan mendekati Lebaran pada 8 April 2024 penerbangan dari Jakarta menuju Denpasar sudah menyentuh harga Rp1,3 juta. Kemudian, untuk ke Medan harganya mencapai Rp1,8 juta, dan Surabaya mencapai Rp1,2 juta. Pemerintah diperkirakan bakal menetapkan hari raya Lebaran 2024 pada 10 atau 11 April 2024 mendatang. Kenaikan harga tiket pesawat jelang Lebaran 2024 tentu sangat signifikan. 

Tips Mudik dengan Pesawat Terbang

Mudik menggunakan pesawat terbang tentu saja lebih praktis ketimbang menggunakan bus atau kereta api. Pemilihan moda transportasi pesawat terbang biasanya didasarkan atas kecepatan. Mudik menggunakan pesawat memang tidak selama bus atau kereta api. Untuk menuju Surabaya dari Jakarta misalnya, penerbangan hanya berlangsung 60 menit. Jarak yang sama bisa memakan waktu tempuh hingga sehari jika menggunakan bus. 

Kendati demikian, bukan berarti mudik dengan pesawat terbang minim persiapan. Berikut adalah hal – hal yang bisa dilakukan jika Anda memilih moda transportasi udara tersebut seperti dikutip dari website Traveloka. Tips ini juga berlaku untuk Anda yang ingin mendapatkan harga miring. 

1. Pesanlah Tiket Jauh-jauh Hari

Jika persyaratan penerbangan sudah terpenuhi dan tidak ada masalah, bisa langsung pesan tiket. Sudah menjadi rahasia umum jika permintaan akan tiket pesawat saat masa mudik meningkat drastis. Agar tetap dapatkan tiket pesawat, bisa pesan jauh-jauh hari.

Booking tiket pesawat jauh-jauh hari juga memungkinkan Anda memilih jenis maskapai dengan leluasa. Jika sudah mendekati Lebaran, pilihan maskapai semakin terbatas dan harganya pun berpotensi meningkat.

2. Berburu Promo Biar Harga Lebih Murah

Selain pesan lebih awal, jangan ragu berburu promo tiket pesawat di Traveloka. Platform itu menawarkan promo tiket pesawat dengan potongan harga menarik untuk berbagai maskapai. Yuk, cek promonya sekarang juga.

3. Cari Tahu Aturan Maskapai yang Dipesan

Jika selama ini sudah langganan maskapai penerbangan tertentu, pasti sudah hafal regulasinya di luar kepala. Namun bagi Anda yang masih pemula dalam hal naik pesawat terbang, banyak hal yang perlu dipelajari. Misalnya saja aturan bagasi, regulasi tentang barang-barang yang boleh dibawa atau tidak, tentang power bank, dan lain-lain.

4. Pilih Maskapai yang Tawakan Check-in Online

Agar penerbangan terasa praktis, pilih maskapai yang menawarkan check-in online. Sekarang, hampir semua maskapai menawarkan opsi check-in online.

Ada banyak sekali kelebihan check-in secara online. Salah satunya, Anda sudah tidak perlu lagi antre berlama-lama. Apalagi saat musim mudik, antrean cenderung lebih padat, karena itu check-in online bisa jadi solusi tepat.

5. Packing Barang Seringkas Mungkin

Packing barang saat penerbangan memang jadi PR tersendiri. Apalagi saat momen mudik, banyak barang yang ingin dibawa pulang. Ditambah lagi, oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Jika tidak pandai dalam mengemas barang, bisa-bisa dikenai biaya tambahan untuk kelebihan bagasi.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #harga #tiket #pesawat #saat #hari #biasa #jelang #lebaran #naik #kali #lipat

KOMENTAR