Mendag Klaim Harga Beras dan Cabai Mulai Turun
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau Pasar Kebon Kembang di Kota Bogor, Senin (18/3/2024). (ANTARA/Shabrina Zakaria)
14:05
18 Maret 2024

Mendag Klaim Harga Beras dan Cabai Mulai Turun

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas mengklaim bahwa harga cabai mulai turun pekan ini. Dia menyebut, harga cabai yang tadinya dibanderol Rp 100.000 per kg, kekinian sudah turun menjadi Rp 60.000 per kg.

Hal ini dia katakan saat meninjau asar Kebon Kembang di Kota Bogor, Jawa Barat, pada Senin (18/3) pagi.

"Jadi sudah hampir normal. Karena kalau lebih murah dari Rp60 ribu, apalagi Rp30 ribu, itu tutup petaninya, bangkrut. Jadi kalau Rp60 ribu masih ada cuan, masih ada untung," ujarnya Mendag Zulhas seperti dikutip Antara.

Ketua Umum PAN ini melanjutkan, selain cabai harga beras juga mulai berangsur turun, disusul dengan harga bawang merah yang ikut alami penurunan.

"Alhamdulillah tadi kita lihat beras sudah mulai turun. Yang saya gembira beras turunnya sudah banyak, hampir Rp1 ribu per kilogram. Jadi Rp 17 ribu, Rp15 ribu satu kilogram," imbuh dia

Mendag Zulhas berharap, akhir bulan ini sampai bulan depan akan ada panen raya. Sehingga harga beras lokal akan kembali normal.

"Kalau beras yang Bulog memang stabil. Dijor terus, didrop terus, diguyur terus dari pemerintah. Beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) maupun yang premium," jelas dia.

Namun demikian, Mendag Zulhas melihat, harga ayam dan telurnya masih stabil tinggi. Harga ayam yakni Rp40 ribu per kilogram, dan telur Rp32 ribu per kilogram.

"Pakan sudah turun, tapi ayam, telur belum turun. Karena telur, ayam, kemarin tuh gemukinnya pakai yang Rp8 ribu. Jadi belum turun," ucap dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #mendag #klaim #harga #beras #cabai #mulai #turun

KOMENTAR