Kendalikan Harga Pasar, Bulog Jual Beras SPHP Rp 54 Ribu Per 5 Kg
Pekerja mengangkut beras di Pasar Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (4/3/2024). (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)
12:27
5 Maret 2024

Kendalikan Harga Pasar, Bulog Jual Beras SPHP Rp 54 Ribu Per 5 Kg

– Meroketnya harga beras dikhawatirkan terjadi hingga Lebaran. Meski demikian, kemarin (4/3) Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa harga beras mulai turun di beberapa wilayah. Dia juga mengatakan bahwa stok bahan pokok masih aman.

Jokowi menjelaskan, tolok ukur harga beras adalah Pasar Cipinang di Jakarta dan Pasar Johar di Karawang. Dengan adanya panen raya sebulan ke depan, Jokowi optimistis harga beras turun. "Saya kira akan turun banyak,” ujarnya.

Dia menekankan, jika bicara beras, tidak bisa terlepas dari harga gabah. Menurut Jokowi, harga gabah di lapangan sudah turun. "Turunnya jangan drastis karena petani juga perlu diberi ruang keuntungan,” tuturnya.

Di sejumlah minimarket sekitar DKI Jakarta, mulai ada pasokan beras kemasan 5 kg. Tetapi, jumlahnya sangat terbatas. "Dua hari lalu sempat dikirim dua karung. Hari ini (kemarin, Red) habis," kata seorang penjaga minimarket di kawasan Bojongsari, Depok.

Sementara itu, di Ciputat, Tangerang Selatan, beberapa orang keluar dari minimarket sambil membawa beras kemasan 5 kg. Mereka mengatakan bahwa pembelian dibatasi satu orang satu kemasan saja.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo mengungkapkan, pihak minimarket bisa membeli beras SPHP di gudang Bulog. Beras SPHP itu adalah singkatan dari stabilisasi pasokan dan harga pangan. Beras SPHP untuk kemasan 5 kg dijual Rp 54 ribu.

Harga beras SPHP jauh di bawah harga beras pada umumnya. Warga yang berhasil mendapatkan beras kemasan 5 kg di minimarket di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, harus merogoh kocek sekitar Rp 70 ribu. Sedangkan di toko sembako, beras 5 kg bergambar Petruk tersenyum dijual Rp 86 ribu.

Arief menegaskan, peritel bisa membeli beras SPHP ke Bulog dengan sistem pemesanan atau PO. Dalam setahun, Bulog menyiapkan stok beras SPHP sebanyak 1,2 juta ton. Namun, dia menegaskan, beras SPHP tidak bisa dibeli secara perorangan atau individu ke Bulog. ’’(Penjualan) SPHP (di Bulog) untuk yang memiliki outlet,’’ katanya.

Sama halnya dengan Jokowi, Arief menyampaikan bahwa harga gabah sudah turun. Sebelumnya, rerata harga gabah Rp 8.000 sampai Rp 9.000 per kg. Dari harga itu, harga beras bisa mencapai Rp 18.000/kg. Saat ini rerata harga gabah adalah Rp 7.040 per kg. Diperkirakan, harga beras berada di kisaran Rp 14.000 per kg. (lyn/elo/wan/c7/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #kendalikan #harga #pasar #bulog #jual #beras #sphp #ribu

KOMENTAR