Ramai Aplikasi Wise Diblokir dan Uang Pengguna Dibekukan, Ini Penjelasannya
Aplikasi Wise
19:14
4 Maret 2024

Ramai Aplikasi Wise Diblokir dan Uang Pengguna Dibekukan, Ini Penjelasannya

Kabar terbaru datang dari Wise, salah satu aplikasi layanan transfer uang dari dan ke luar negeri yang menjadi pengganti PayPal. Kabar viral aplikasi Wise diblokir banyak bermunculan di berbagai forum, namun belum ada informasi resmi yang mengklarifikasi hal ini.

Pemblokiran yang terjadi sebenarnya bukan dalam arti tidak lagi dapat digunakan secara sepenuhnya, namun terdapat perubahan masif yang membuat banyak orang menyayangkan hal tersebut. 

Kebijakan Wise sebagai Entitas Bisnis

Di salah satu forum di Reddit, terdapat bocoran kebijakan yang dikeluarkan Wise untuk pengguna di Indonesia. Kebijakan ini berlaku pada tanggal 23 Mei 2024 mendatang, dan secara khusus ditujukan untuk pengguna yang terdaftar di region Indonesia.

Secara garis besar, perubahan yang dicantumkan dalam catatan singkat tersebut adalah bahwa user dari Indonesia tidak lagi bisa menyimpan saldo atau uangnya di akun Wise yang mereka miliki. Pihak Wise sendiri menyatakan hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah Indonesia.

Wise menghimbau untuk seluruh pengguna yang ada di Indonesia agar segera menarik uang atau saldo dari semua tipe penyimpanan yang ada, untuk menghindari ketidaknyamanan yang mungkin muncul di waktu mendatang.

Lebih Lanjut Mengenai Perubahan dari Wise

Dicantumkan pula beberapa hal yang harus dicermati oleh pengguna Wise di Indonesia. Antara lain adalah sebagai berikut.

  • Tidak bisa membuka Balance atau Jar
  • Tidak bisa mengkonversi saldo yang dimiliki saat ini
  • Tidak bisa menambahkan atau mengirim uang dari atau ke saldo yang dimiliki saat ini
  • Tidak bisa menerima uang menggunakan akun saat ini, pengiriman yang dilakukan akan dikembalikan pada pengirim
  • Tidak bisa meminta kartu fisik atau digital Wise
  • Tidak bisa menggunakan atau menarik uang menggunakan kartu Wise

Dengan kebijakan ini, maka tak heran masyarakat menilai hal ini sudah setara dengan pemblokiran. Tentu, berbagai tanggapan muncul dari pengguna Wise, yang sudah terlanjur nyaman dan berpindah dari metode pengiriman uang sebelumnya yang digunakan.

Meski demikian secara praktis, transaksi masih dapat dilakukan. Transaksi ini nantinya akan langsung diarahkan ke akun bank atau rekening bank yang dimiliki, dan tidak lagi bisa menyimpan saldo di aplikasi atau akun Wise yang dimiliki pengguna.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #ramai #aplikasi #wise #diblokir #uang #pengguna #dibekukan #penjelasannya

KOMENTAR