Nirina Zubir Batal Dukung Prabowo Gegara Mafia Tanah, Efek Sindiran Anies Soal Kepemilikan Lahan?
Nirina Zubir saat berkunjung ke kantor Suara.com yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin (20/11/2023). [Suara.com/Hyoga Dewa Murti]
12:00
12 Januari 2024

Nirina Zubir Batal Dukung Prabowo Gegara Mafia Tanah, Efek Sindiran Anies Soal Kepemilikan Lahan?

Artis senior Nirina Zubir mengumumkan mundur untuk tak mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 14 Februari 2024 mendatang.

Nirina beralasan tak jadi mendukung Prabowo karena belum beresnya persoalan mafia tanah di Indonesia, dimana kasus ini juga menimpa dirinya.

Yang menarik dari batalnya Nirina Zubir mendukung Prabowo ini usai Anies Baswedan menyindir kepemilikan lahan sang jenderal yang mencapai ratusan ribu hektare.

“Na menyatakan mundur dari menyuarakan dukungan kepada paslon capres dan cawapres di tahun 2024. Kenapa? Sampai sekarang masalah tanah yang Na alami BELUM ADA JALAN KELUAR, masalah mafia tanah masih ada. Sejauh ini belum ada komitmen dari Calon Capres & Cawapres untuk masalah ini,” ungkap Nirina pada akun Instagram resminya @nirinazubir_, Jakarta, seperti dilihat Jumat (12/01/2024).

Masih dalam unggahan yang sama, Nirina malah menantang ketiga capres cawapres dari paslon 01 (Anies - Muhaimin), 02 (Prabowo - Gibran), 03 (Ganjar - Mahfud), untuk bisa memberantas mafia tanah yang menjadi masalah pelik di masyarakat.

“Hayo, sekarang adalah waktunya untuk membuktikan kalau ada yang bisa menyelesaikan masalah ini. Anda mau masyarakat percaya kan? Silahkan bapak-bapak @aniesbaswedan , @cakiminow @prabowo, @gibran_rakabuming, @ganjar_pranowo , @mohmahfudmd,” tulis Nirina.

Sebelumnya, Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menyinggung kepemilikan tanah Prabowo Subianto dalam debat capres Minggu (7/1/2024) malam. Dalam momen itu, Anies menyebut Prabowo memiliki 340 ribu hektare (Ha) tanah, tapi di sisi lain hampir separuh tentara Indonesia belum memiliki rumah dinas.

Awalnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyinggung anggaran yang besar Kementerian Pertahanan (Kemenhan) justru untuk membeli alutsista bekas.

"Kita ingin mengembalikan Rp 700 triliun anggaran Kementerian Pertahanan tidak bisa mempertahankan itu. Justru digunakan untuk membeli alat-alat alutsista yang bekas, di saat tentara kita lebih dari separuh tidak memiliki rumah dinas, sementara menterinya punya lebih dari 340 hektare tanah di Republik ini. Ini harus diubah," ujar Anies

"Saya mengklarifikasi data yang meleset, maaf Pak Prabowo angkanya terlalu kecil, bukan 320 hektare tapi 340 ribu hektare, saya klarifikasi," lanjut Anies dalam sesi berikutnya.

Atas tudingan itu, Prabowo yang geram dengan tegas membantah luasan tanah yang disinggung Anies. Bahkan dia menyebut bahwa data yang diungkapkan Anies salah.

"Itu pun salah. Itu pun salah! Mas Anies, jangan buka data yang salah," kata Prabowo.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #nirina #zubir #batal #dukung #prabowo #gegara #mafia #tanah #efek #sindiran #anies #soal #kepemilikan #lahan

KOMENTAR