Penipuan Dunia Digital Marak, Awas Kena Tipu
Ilustrasi. Kecakapan digital (digital skill) merupakan syarat utama individu saat melakukan aktivitas dunia digital.
12:08
26 Februari 2024

Penipuan Dunia Digital Marak, Awas Kena Tipu

Kecakapan digital (digital skill) merupakan syarat utama individu saat melakukan aktivitas dunia digital. Individu dinilai cakap bermedia digital apabila mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital.

Pasalnya saat ini dunia digital makin marak saja ditemukan tindak penipuan yang merugikan masyarakat.

Praktisi komunikasi sekaligus pengajar Andi Widya Syadzwina mengatakan keterampilan digital dasar sebelum bermain media sosial menjadi hal yang penting.

Dengan keterampilan digital dasar yang dimiliki memungkinkan untuk memanfaatkan teknologi, perangkat digital dan terhindar dari segala macam bentuk penipuan.

”Misalnya penggunaan ponsel pintar, komputer, mengoperasikan software tertentu dan aplikasi pengolah kata, mengatur setting privasi pada akun digital, membuat profile profesional secara online, menggunakan mesin pencari, hingga menggunakan platform komunikasi digital seperti email dan media sosial,” kata Andi dalam sebuah diskusi virtual pada Senin (26/2/2024).

Dirinya menyebut keahlian yang harus dimiliki di era digital, yakni seperti komunikasi dan bahasa. ”Komunikasi berkaitan dengan kemampuan bersosialisasi dan membangun jaringan pertemanan. Menguasai bahasa asing sangat penting sebagai nilai tambah menghadapi masa depan,” katanya.

Keahlian lainnya, yakni kemampuan menulis kreatif, berpikir kritis, analitis, dan kreatif. Sedangkan cermat dalam bermedia sosial menurut Wina, yakni: batasi waktu bermedia sosial, tetapkan tujuan, gunakan media sosial untuk mengembangkan potensi, ciptakan informasi – bukan hanya menerima informasi.

”Lalu, gunakan video YouTube untuk meng-upload file video hasil karya sendiri, hindari konten berbau pornografi dan kekerasan, buat akun media sosial untuk memuat hasil foto bagus sendiri, berinteraksi dengan warganet lain dengan bijak, supaya tidak menyesal think before posting,” paparnya.

Sementara itu influencer Dyah Hakim menambahkan, etika menjadi pengguna media sosial yang cermat, harus mampu memanfaatkan media sosial untuk kebebasan ekspresi yang kretif, inovatif, bijak, cerdas, dan patuh hukum, agar tetap menjadi budaya Indonesia yang ramah dan toleran.

”Berpikir sebelum mengunggah, jaga privasi dan tidak mengunggah data pribadi, kenali teman, terapkan etika bermedia sosial, jauhi emosi dan manfaatkan unggahan untuk bersilaturahmi, batasi interaksi dengan media sosial, membaca dan menyebar informasi dari buku,” jelas Dyah Hakim.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #penipuan #dunia #digital #marak #awas #kena #tipu

KOMENTAR