Hashim Sebut Ada 10 Keluarga di RI Lebih Kaya dari 114 Juta Orang Indonesia
Adik Presiden Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo mengakui bahwa Indonesia kini mengalami penurunan kelas menengah. (Nurul F/ JawaPos.com)
21:54
23 Oktober 2024

Hashim Sebut Ada 10 Keluarga di RI Lebih Kaya dari 114 Juta Orang Indonesia

- Adik Presiden Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo mengakui bahwa Indonesia kini mengalami penurunan kelas menengah. Meskipun dari catatan miliknya, masih tumbuh sebesar 5 persen.   Bahkan, kata Hashim, hal itupun diamini pula oleh Presiden Prabowo Subianto. Pasalnya, permasalahan itu selalu menjadi bahasan di setiap pertemuan mulai dari tim ekonomi hingga tim Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.   "Kita sudah lihat bahwa middle class kita menurun, walaupun ada pertumbuhan 5 persen apa yang Pak Prabowo sampaikan ke tim ekonomi, saya juga hadir waktu itu, tim kabinet baru juga saya hadir waktu itu, dia gambarkan suatu masalah yang amat mendasar. Bahwa walaupun ada 5 persen pertumbuhan, tapi 9 persen turun kelas menengah," kata Hashim dalam sebuah dialog ekonomi di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Rabu (23/10).  

  Namun di sisi lain, dirinya mengaku prihatin bahwa di tengah penurunan kelas menengah itu. Justru, ada penambahan yang cukup signifikan dari keluarga kaya dan terkaya di Indonesia.   Dari sisi nilai kekayaannya, kata Hashim, sebanyak 10 keluarga terkaya di Indonesia itu hartanya bisa melampaui 114 juta orang di Indonesia.   "Dan yang lebih prihatin lagi, orang kaya dan terkaya di Indonesia luar biasa bertambah cepat dan besar. Waktu itu, Pak Prabowo sudah sampaikan dan tayangkan gambar 10 keluarga terkaya di Indonesia, lebih kaya daripada 114 juta orang Indonesia. Itu ada," ujarnya.  

  Bahkan, dari tayangan yang disampaikan di Hambalang, Bogor, saat pembekalan para menteri, ada 50 keluarga yang tergolong kaya di Indonesia. Salah satunya, adalah keluarga Hashim dan Prabowo.   "Waktu di Hambalang, 50 keluarga terkaya di Indonesia, mungkin juga termasuk keluarga saya dan Prabowo mungkin ya. Kita akui," pungkasnya.  

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #hashim #sebut #keluarga #lebih #kaya #dari #juta #orang #indonesia

KOMENTAR