Daftar Pemenang Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023
Juara Umum Nugraha Karya Desa BRILiaN [BRI]
16:25
11 Januari 2024

Daftar Pemenang Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) kembali memberikan penghargaan kepada desa-desa yang dinilai aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat melalui program Desa BRILiaN.

Sebagai bukti nyata dari komitmen tersebut, BRI mengadakan "Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023" dengan memberikan hadiah sebesar Rp1 miliar kepada juara umum.

Acara tersebut, yang diadakan pada Rabu (10/1/2024) lalu di Menara BRILiaN, Jakarta, merupakan acara puncak dari program Desa BRILiaN 2023 dan juga penutupan dari serangkaian kegiatan yang berlangsung pada 9 - 10 Januari 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama BRI Sunarso, dan Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting.

"Nugraha Karya Desa BRILiaN" merupakan sebuah event tahunan yang diselenggarakan oleh BRI sebagai bagian dari program Desa BRILiaN yang berfokus pada pengembangan empat aspek, yaitu BUMDesa sebagai motor ekonomi desa, digitalisasi dalam implementasi produk dan aktivitas di desa, ketangguhan dan kontinuitas membangun desa, dan inovasi untuk mendorong kreativitas desa.

Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan bahwa Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan untuk menciptakan percontohan dalam pengembangan desa. Hingga akhir tahun 2023, sudah ada 3.178 desa yang telah mendapatkan pemberdayaan dari program Desa BRILiaN.

"Program ini dimulai sejak tahun 2020 sebagai bagian dari strategi perseroan untuk lebih memahami potensi wilayah dan merupakan salah satu bagian dari integrasi aktivitas pemberdayaan dan eksistensi mantri BRI bersama inisiatif-inisiatif lainnya seperti klaster usaha binaan BRI, pasar.id, serta Hyperlocal Ecosystem yang merupakan suatu bentuk Ekosistem Konsolidasi Mikro," tambah Sunarso.

Dalam menjalankan bisnisnya, BRI akan terus menciptakan nilai, baik dalam menciptakan nilai ekonomi maupun nilai sosial secara keseluruhan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan dan pendampingan. Program Desa BRILiaN menjadi contoh unik dan berfungsi ganda, yaitu menumbuhkan nilai ekonomi sekaligus nilai sosial.

"Program Desa BRILiaN ini adalah contoh nyata komitmen BRI sebagai perusahaan BUMN dalam menerapkan nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersamaan, sehingga tidak perlu dipertentangkan. Dengan kemampuan BRI menavigasi tantangan dengan baik, maka tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik," jelas Sunarso.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi komitmen BRI dalam memberdayakan desa di seluruh Indonesia melalui program Desa BRILiaN. Program ini dianggap sebagai terobosan untuk mendorong desa di seluruh Indonesia agar dapat mengembangkan potensinya, meningkatkan kapabilitas, baik melalui peningkatan softskill maupun hardskill melalui aktivitas pemberdayaan yang berkesinambungan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di desa.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyatakan bahwa Kementerian BUMN terus mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemberdayaan segmen UMKM.

UMKM memiliki kontribusi besar terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerja nasional. Untuk mencapai hal ini, UMKM perlu diberdayakan dengan literasi bisnis dan literasi digital agar dapat mengoptimalkan peluang bisnis dan berinovasi untuk dapat bertahan di tengah persaingan bisnis.

Kartika juga memberikan apresiasi terhadap inisiatif BRI dalam menjalankan program Desa BRILiaN. Program ini dianggap perlu dilanjutkan untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan menegaskan peran BUMN sebagai pencipta nilai dalam memberikan manfaat bagi masyarakat.

Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 adalah pelaksanaan yang ketiga kalinya, sejak pertama kali diadakan pada tahun 2021. Acara ini mencakup "Bincang Desa BRILiaN", diskusi interaktif mengenai Desa-desa BRILiaN dalam mengoptimalkan kekuatan potensinya. Selanjutnya, inovasi untuk menggerakkan roda perekonomian desa melalui kepemimpinan yang kuat, semangat transformasi desa melalui sinergi inovasi dan digitalisasi, dan diakhiri dengan "Malam Puncak Nugraha Karya Desa BRILiaN".

Juara Nasional Desa BRILiaN mendapatkan bantuan sarana prasarana pengembangan desa dari BRI. Juara 1 mendapatkan hadiah senilai Rp1 miliar, Juara 2 Rp750 juta, dan Juara 3 Rp500 juta. Juara harapan 1 dan 2 masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp300 juta.

Selain itu, ada penghargaan khusus untuk Desa Hijau, Desa Tata Kelola terbaik, Pengembangan wirausaha terbaik, serta Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik, masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp200 juta.

Tak hanya itu, BRI juga memberikan penghargaan khusus untuk Desa Potensial di wilayah barat, tengah, dan timur, masing-masing mendapatkan apresiasi senilai Rp100 juta.

Daftar lengkap pemenang Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023:

Kategori Utama

Juara I : Desa Bansari, Temanggung, Jawa Tengah

Juara II : Desa Cikaso, Kuningan, Jawa Barat

Juara III : Desa Lerep, Semarang, Jawa Tengah

Juara Harapan I : Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Juara Harapan II : Desa Padang Panjang, Tabalong, Kalimantan Selatan

Penghargaan Khusus Bidang SDG

Desa Hijau : Desa Kelawi, Lampung Selatan, Bandar Lampung

Tatakelola Terbaik : Desa Angseri, Tabanan, Bali

Pengembangan Wirausaha Terbaik : Desa Sukomulyo, Gresik, Jawa Timur

Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik : Desa Ibru, Muaro Jambi, Jambi

Penghargaan Khusus Desa Potensial

Desa Potensial Wilayah Barat : Desa Air Lengit,  Natuna, Kepulauan Riau

Desa Potensial Wilayah Tengah : Desa Wawowae, Ngada, Nusa Tenggara Timur

Desa Potensial Wilayah Timur : Desa Puubunga, Kolaka, Sulawesi Tenggara

Editor: M Nurhadi

Tag:  #daftar #pemenang #nugraha #karya #desa #brilian #2023

KOMENTAR