Apple Tinggalkan China! Vietnam Jadi Raja Baru Produsen iPhone Hingga MacBook
Ilustrasi Apple. [STR/AFP]
18:21
6 Februari 2024

Apple Tinggalkan China! Vietnam Jadi Raja Baru Produsen iPhone Hingga MacBook

Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh, bertemu dengan para eksekutif senior perusahaan besar di New York, AS, termasuk Apple, pada 21 September 2023 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Nick Ammann, selaku wakil presiden kebijakan global Apple, menyatakan bahwa Vietnam sangat penting bagi perusahaan Apple, baik sebagai pasar maupun tempat produksi.

Dia menyoroti potensi kerjasama di Vietnam, terutama dalam menghadapi tantangan saat ini, dengan pertumbuhan produksi dan ekspor produk Apple yang mengesankan di negara tersebut. Hal ini menunjukkan kepercayaan Apple terhadap pasar Vietnam.

Ammann juga menyebutkan minat Apple terhadap strategi energi bersih Vietnam dan keinginan perusahaan untuk memastikan pemasoknya di Vietnam menggunakan energi ramah lingkungan.

Selain itu, Apple tertarik untuk berkontribusi dalam pelatihan sumber daya manusia di Vietnam, khususnya dalam bidang rekayasa perangkat keras.

Perusahaan pemasok Apple, seperti Lux Share, Foxconn, Compal, dan GoerTek, telah mengoperasikan 32 pabrik di Vietnam, menciptakan lapangan kerja untuk 160.000 pekerja yang memproduksi dan merakit komponen untuk produk Apple.

Seperti yang dilansir dari VIetnam Investmen Review, PM Chinh menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Apple di pasar global dan di Vietnam. Dia juga mendukung usulan Apple terkait penggunaan energi bersih dan pelatihan sumber daya manusia.

PM Chinh juga berharap Apple dapat memperkuat posisinya di Vietnam sebagai basis produksi dan rantai pasokan global.

Dalam kesempatan yang sama, ia mengusulkan agar Apple memberikan konsultasi kepada Pusat Inovasi Nasional dalam membangun pusat penelitian dan pengembangan teknologi tinggi.

Menurut Nguyen Thang Vuong dari Departemen Pasar Eropa-Amerika Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, Apple telah berhasil merelokasi 11 fasilitas produksi perangkat audionya ke Vietnam, menandai perubahan strategi rantai pasokan global perusahaan.

Pada tahun 2022, nilai ekspor produk Apple dari Vietnam mencapai US$30 miliar. Analisis JPMorgan memperkirakan bahwa pada tahun 2025, sebagian besar produk Apple, seperti iPad, MacBook, Apple Watch, dan AirPods, akan diproduksi di Vietnam.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #apple #tinggalkan #china #vietnam #jadi #raja #baru #produsen #iphone #hingga #macbook

KOMENTAR