Profil RANS Entertainment, Perusahaan Raffi Ahmad Dituding Pencucian Uang, Berapa Gaji Karyawannya?
Kantor RANS Entertainment (YouTube Rans Entertainment) - Profil RANS Entertainment, Perusahaan Raffi Ahmad Dituding Pencucian Uang, Berapa Gaji Karyawannya?
19:38
2 Februari 2024

Profil RANS Entertainment, Perusahaan Raffi Ahmad Dituding Pencucian Uang, Berapa Gaji Karyawannya?

RANS Entertainment kini telah menjelma menjadi gurita bisnis terbesar bagi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Namun sayangnya baru-baru ini, perusahaan tersebut dituding sebagai pencucian uang para pejabat. Seperti apa profil RANS Entertainment

Terlepas dari tudingan itu, Raffi dan Nagita mengawali karier sebagai artis hingga kini memiliki perusahaan besar di dunai hiburan. Maka menarik untuk mengetahui profil RANS Entertainment lebih lanjut.

Sejarah RANS Entertainment

RANS Entertainment adalah perusahaan hiburan yang didirikan oleh pasangan Sultan Andara ini, pada tahun 2015. awalnya, fokus bisnisnya ada pada acara televisi dan konten digital saja, namun kemudian berkembang dan meluas seperti sekarang ini.

Salah satu konten paling awal yang diproduksinya adalah Raffi & Nagita Love in Bali, yang berhasil menyita perhatian publik cukup besar. Dari acara ini, keduanya kemudian melakukan ekspansi hiburan bisnis dengan meluncurkan beberapa program televisi lin dan konten digital, seperti sinetron, talkshow, hingga konten media sosial.

Dewan Komisaris, Direksi dan Pemegang Saham

Dari struktur organisasi sendiri, Raffi memegang peran jabatan sebagai founder, sedangkan Nagita berposisi sebagai CEO. Selanjutnya, Kaesang Pangarep ada pada posisi komisaris RANS Entertainment, yang bertugas mengawasi kinerja perusahaan ini.

Jabatan lain yang terbilang mentereng pada perusahaan ini adalah Co-Founder, yang dipegang oleh Dony Oskaria. Selanjutnya ada Executive Chairman yang diduduki oleh Sutanto Hartono.

Untuk pemegang saham sendiri, dilansir dari sebuah artikel media online pada awal 2023, posisinya adalah sebagai berikut.

  • Raffi Ahmad, dengan total 78,47%
  • PT Indonesia Entertainment Group, Sub-Holding Surya Citra Media atau SCMA, dengan total 9,13%
  • Dony Oskaria, dengan total 6,92%
  • Sutanto Hartono, dengan total 1,44%
  • Nagita Slavina, dengan total 1,25%
  • Kaesang Pangarep, dengan total 1,15%
  • Hikmat Janika, dengan total 0,86%
  • PT Ekonomi Baru Investasi Teknologi, dengan total 0,77%
  • Roofi Ardianto Koesoema, dengan total 0,02%

Gaji Karyawan RANS Entertainment

Jika mengacu pada informasi yang disampaikan pada salah satu artikel di situs dinaspajak.com, gaji pegawai RANS Entertainment diperkirakan ada di angka Rp 5.000.000 hingga Rp 25.000.000 setiap bulannya.

Namun gaji ini belum termasuk tunjangan dan bonus, hingga kesempatan diajak jalan-jalan ke luar negeri ketika keluarga sultan ini tengah memiliki agenda tertentu. Pegawai di perusahaan ini sendiri disebut dengan PNS, atau singkatan dari Pegawai Nagita Slavina.

Baru-baru ini, Raffi Ahmad meresmikan kantor baru RANS Entertainment yang berada di area BSD. Kantor ini menempati tanah seluas 2,000 meter persegi, dan didominasi warna coklat muda dan cokelat tua.

Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas modern untuk mendukung kinerja dari pegawainya. Banyak warganet yang menilai kantor RANS ini termasuk mewah.

Tudingan Pencucian Uang

Tudingan kepada Raffi Ahmad ini disampaikan oleh Ketua Umum DPP Nasional Corruption Watch (NCW), Hanifa Sutrisna.

"Kami sudah menerima beberapa dugaan tindakan pencucian uang yang dilakukan oleh saudara Raffi Ahmad. Nilainya fantastis," ujar Hanifa Sutrisna, mengutip dari unggahan Instagram @lambe__danu pada Kamis (1/2/2024).

Raffi Ahmad juga disebut memiliki ratusan rekening bank yang digunakan sebagai penampung dana. Bahkan, suami Nagita Slavina itu juga disebut turut mengelola uang-uang yang ia dapatkan dari para koruptor.

Hanifa Sutrisna pun mendesak KPK dan pihak kepolisian untuk memeriksa aliran transaksi uang Raffi Ahmad. Bukan cuma itu saja, ia juga meminta KPK untuk mengecek aliran dana yang masuk ke perusahaan milik Raffi Ahmad.

"Kami meminta kepada KPK RI, kamu meminta kepada Kejaksaan Agung, kami meminta kepada Bareskrim Mabes Polri untuk memeriksa aliran transaksi uang Raffi Ahmad, ke RANS. Karena ini ada dugaan tindak pidana pencucian uang dan penerimaan gratifikasi oleh pejabat-pejabat negara yang menitipkan kekayaan atau dana pada oknum pemilik RANS ini," katanya.

Mengetahui hal tersebut, Raffi mengaku kaget lantaran muncul tudingan pencucian uang kepadanya. Awalnya, suami Nagita tidak mau memberikan tanggapan, tapi kabar ini membuat relasi bisnisnya bertanya-tanya sehingga Raffi harus memberikan klarifikasi.

"Aku kaget dibilang ada pencucian uang, inilah, itulah, sama sekali nggak ada," kata Raffi Ahmad ditemui di kantornya kawasan BSD, Tangerang Selatan pada Kamis (1/2/2024).

"Banyak klien yang nanya, aku jelaskan bahwa itu tidak benar. Mudah-mudahan orang yang memberikan narasi seperti ini, tolong lah jangan memberikan narasi yang menyudutkan, apalagi sampai merugikan," imbuhnya.

Raffi juga menegaskan bahwa silahkan mengecek perihal sumber pemasukan perusahaannya. Ia bahkan menyebut kantor baru RANS ini pun masih dalam cicilan.

"Nih, percaya nggak percaya, cek aja. Gedung, ini juga masih ada cicilan. Aku juga nggak patah semangat meskipun dijatuhkan, difitnah, nggak apa-apa. Ini membuat aku lebih semangat untuk terus berkarya," terang Raffi Ahmad.

Itu tadi sekilas tentang profil RANS Entertainment, dari sejarah hingga kantor baru yang diresmikan  pada akhir tahun 2023 lalu.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #profil #rans #entertainment #perusahaan #raffi #ahmad #dituding #pencucian #uang #berapa #gaji #karyawannya

KOMENTAR