Nilai DPK Susut Setiap Weekend, Mayoritas Nasabah BSI Hanya Penerima Gaji
Bank Syariah Indonesia (BSI) [ANTARA]
08:18
9 Oktober 2024

Nilai DPK Susut Setiap Weekend, Mayoritas Nasabah BSI Hanya Penerima Gaji

PT Bank Syariah Indonesia TBK. (BRIS) atau BSI mengakui kebanyakan nasabah yang terdaftar merupakan karyawan penerima gaji. Hal ini, merupakan peralihan dari bank-bank yang sebelum dimerger menjadi BSI.

Direktur Sales and Distribution BSI, Anton Sukarno menyebut, nasabah yang menggunakan BSI untuk bertransaksi masih minim.

"Bank ini masih kuat customer terutama nasabah payroll. Memang jumlah customer payroll based cukup banyak, lebih dari 2 juta," ujar Anton dalam diskusi di Sarinah yang dikutip, Rabu (9/10/2024).

Dengan basis Dana Pihak Ketiga (DPK) yang masih payroll, tutur Anton, DPK BSI selalu merosot pada akhir pekan. Sebab, nasabah memndahkan, dana gajinya ke bank lain, selanjutnya bertransaksi ke bank lain.

Baca Juga: Tanya Sabrina, Beri Rekomendasi Hotel Terbaik atau SPBU Terdekat Saat Liburan

"Nasabah-nasabah kita yang tadi punya gaji itu, belanja di customer-customer yang notabene device untuk menerima dananya itu bukan di BSI," jelas dia.

"Nanti hari Senin (DPK) naik lagi, mungkin dia setor atau dia transfer setelah bank buka ke BSI. Jadi ini menunjukkan betul bahwa ada typical customer kita itu, terutama yang ritel, itu masih dominan dari customer-customer yang punya gaji," sambung Anton.

Dirinya juga mengungkapkan, alat penyediaan pembayaran di BSI juga diakui masih sedikit. Seperti, lanjut Anton, pada mesin EDC yang jumlahnya masih di bawah 5.000 unit.

Namun demikian, dirinya menyebut BSI memiliki pilihan transaksi dengan menggunakan QRIS.

"Total EDC kita masih di bawah 5 ribu yg ada di lapangan. Kita akan mendorong lagi sehingga nanti transaksi customer itu tertutup di BSI. Dan itu marketnya memang sangat luar biasa kuat," pungkas Anton.

Baca Juga: Erick Thohir Bangun Kawasan Islamic Center di Jakarta

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #nilai #susut #setiap #weekend #mayoritas #nasabah #hanya #penerima #gaji

KOMENTAR