Pilih Emas Antam atau UBS, Ini Pertimbangannya
Pekerja menunjukkan perhiasan emas di Kantor Pusat Galeri 24 Pegadaian, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (5/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
09:51
10 Januari 2024

Pilih Emas Antam atau UBS, Ini Pertimbangannya

Emas kerap dipilih sebagai instrumen investasi andalan bagi para investor pemula. Alasannya, emas cenderung aman dan tak terlalu terpengaruh oleh inflasi. Namun, memilih emas juga perlu banyak pertimbangan.

Dua yang paling merajai pasar investasi adalah Antam atau UBS. Jika anda dihadapkan untuk memilih di antara keduanya, berikut adalah beberapa aspek yang patut dipertimbangkan. 

1. Sertifikat yang dikeluarkan oleh emas UBS untuk ukuran emas paling kecil di bawah 5 gram adalah berbentuk kertas, di mana ukuran emas dikemas secara terlaminasi sehingga menyerupai SIM card dengan pilihan tema karakter kartun menarik. Untuk emas Antam keluaran terbaru, sertifikatnya menyatu dengan kemasannya dan didukung beberapa standar keamanan seperti QR code guna memeriksa keasliannya. Emas Antam juga telah bersertifikat LBMA atau London Bullion Market Association, yang artinya emas Antam lebih bebas dijual di pasar, baik itu dalam negeri maupun mancanegara.

2. Emas Antam bisa dibeli secara langsung di kantor pusat Antam yang berada di Jakarta Selatan, kantor wilayah Antam terdekat, toko emas, maupun Pegadaian. Sedangkan emas UBS dijual di toko khusus dan biasanya UBS juga membuka stand di pusat perbelanjaan. Selain itu, sama halnya seperti emas Antam, emas UBS juga dapat dibeli melalui toko emas maupun penyedia jasa pembelian emas seperti Pegadaian.

3. Selanjutnya, ukuran emas UBS adalah dimulai dari ukuran 0,1 gram, 0,5 gram, 1 gram, 5 gram, hingga 100 gram, sedangkan ukuran emas Antam memiliki lebih banyak ukuran yaitu mulai dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2,5 gram, 5 gram, hingga paling berat 1 kilogram.

UBS Gold hadir di Jakarta Muslim Fashion Week 2024. (Istimewa) UBS Gold hadir di Jakarta Muslim Fashion Week 2024. (Istimewa)

4. Ditinjau dari dimensi ukurannya, emas UBS lebih besar dan tipis dibandingkan emas Antam yang memiliki dimensi lebih kecil dan tebal. Namun, kadar emas keduanya tidak jauh berbeda yaitu sekitar 99,99 persen. Walaupun terdapat perbedaan dimensi dan berat keduanya sama jika beratnya ditimbang.

Kendati beragam aspek menjadi pertimbangan, dua jenis emas ini memiliki keunggulan masing – masing. Antam saat ini telah mendapatkan pengakuan oleh London Bullion Market Association sebagai produk emas tepercaya, dan tentunya tidak terlepas dari kadar emas yang mencapai 99,99 persen.

Antam selalu menjadi incaran para konsumen karena ketersediaan barang yang memadai dengan harga yang kompetitif dengan pasaran. Saat ini, ketersediaan emas ini dimulai dari LM 1 gram hingga LM 100 gram. Tentunya, setiap pembelian emas yang dilakukan juga menggunakan prosedur yang terstruktur dan juga aman, yang dilengkapi dengan sertifikat.

Sementara itu, emas UBS adalah emas batangan 24 karat yang diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera. Selain memproduksi emas batangan, perusahaan berlokasi di Jalan Kenjeran, Surabaya ini juga memproduksi jenis emas lainnya seperti perhiasan . 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #pilih #emas #antam #atau #pertimbangannya

KOMENTAR