Apa yang Dimaksud CVV pada Kartu Debit BRI? Simak Penjelasan Ini
Kartu debit BritAma Bisnis. (BRI)
17:17
9 Januari 2024

Apa yang Dimaksud CVV pada Kartu Debit BRI? Simak Penjelasan Ini

Apa yang dimaksud dengan CVV pada kartu debit BRI? Pertanyaan ini kerap muncul ketika hendak membayar tiket pesawat atau barang lainnya menggunakan kartu debit BRI.

Sebagaimana diketahui, nomor CVV adalah kode keamanan tiga digit yang terletak di belakang kartu debit atau kredit Bank BRI yang berlogo VISA/Mastercard. 

Nomor CVV ini sangat penting dalam melakukan pembayaran, seperti tiket pesawat atau hotel yang memerlukan verifikasi kartu debit.

Meski demikian bagi pemilik kartu American Express, jumlah angka CVV ini bisa sampai empat digit. Salah satu fungsi dari CVV ini adalah untuk verifikasi kepemilikan kartu debit.

Beberapa merchant, termasuk aplikasi pembelian tiket pesawat dan hotel akan meminta CVV ketika pelanggan hendak melakukan pembayaran secara online.

Cara mengetahui letak CVV di kartu debit BRI

Ada beberapa cara mudah untuk mengetahui CVV kartu debit BRI. Untuk menemukan CVV, Anda dapat melihat di bagian belakang kartu ATM BRI. 

Ambil kartu ATM Anda dan balikkan. Di sebelah tanda tangan, Anda akan melihat tiga digit nomor di garis putih. Itulah CVV kartu debit Anda.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kartu debit BRI memiliki CVV. Hanya kartu debit dengan logo VISA dan Mastercard yang memiliki CVV. Kartu debit dengan logo GPN tidak memiliki CVV dan hanya dapat digunakan untuk transaksi debit offline.

Jika Anda ingin memiliki kartu debit BRI dengan CVV, Anda dapat mengunjungi kantor bank BRI tempat Anda membuka rekening. 

Berikan buku tabungan dan KTP Anda kepada customer service (CS) dan katakan bahwa Anda ingin memiliki kartu debit dengan CVV. CS akan menyarankan Anda untuk membuat kartu debit dengan logo MasterCard atau Visa.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengetahui CVV kartu debit BRI dan melakukan transaksi secara online. 

Pentingya menjaga kerahasiaan CVV pada kartu debit BRI Anda

CVV memang  berbeda dengan PIN ATM, akan tetapi nasabah disarankan untuk tetap menjaga kerahasiaan nomor CVV. 

Hal ini bertujuan untuk mencegah kejahatan dan penipuan dalam transaksi perbankan. Nomor CVV/CVC pada kartu debit dianggap sebagai lapisan keamanan (SSL) yang berarti jika kode tersebut jatuh ke tangan orang lain, maka sistem akan menganggap transaksi tersebut sah. 

Jika kartu debit BRI Anda hilang atau dicuri, siapapun yang menemukannya dapat melakukan transaksi dengan menggunakan CVV tersebut. 

Oleh karena itu, segera blokir kartu debit BRI jika Anda menemukan hal tersebut. Selain itu, pastikan Anda hanya memasukkan CVV ke dalam situs yang terpercaya agar kode CVV kartu debit BRI Anda tidak disalahgunakan.

Itulah jawaban tentang pertanyaan apa yang dimaksud dengan CVV pada kartu debit BRI. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #yang #dimaksud #pada #kartu #debit #simak #penjelasan

KOMENTAR