Festival Akbar Graffiti Internasional Ini Bawa Indonesia ke Panggung Dunia
King Royal Pride 2024, puncak dari rangkaian International Graffiti Festival ke-4.
13:09
24 September 2024

Festival Akbar Graffiti Internasional Ini Bawa Indonesia ke Panggung Dunia

King Royal Pride 2024, puncak dari rangkaian International Graffiti Festival ke-4, siap digelar pada 28-29 September 2024 di Produksi Film Negara (PFN), Jakarta Timur.

Acara ini merupakan perayaan seni urban terbesar di Indonesia, yang diinisiasi oleh Diton King, brand cat semprot kebanggaan Indonesia yang telah dikenal luas oleh dunia, sebuah produk unggulan dari Difan Prima Paint.

Sebelumnya, rangkaian pertama dari festival ini yang berlangsung pada 7-8 September 2024 berhasil mencatatkan rekor MURI untuk pelukisan graffiti serentak di 115 lokasi, yang tersebar di 24 provinsi dari Aceh hingga Papua.

Melibatkan 1.400 seniman dari seluruh Indonesia, pencapaian ini menjadi tonggak sejarah dalam dunia seni urban Indonesia. Acara ini sukses besar dan terselenggara berkat kerja keras dari tim Ideos, brand agency dari PT. Difan Prima Paint, dan Raya Graff sebagai distributor resmi dari Diton King.

Baca Juga: Meriah! Pentas Seni Siswa Warnai HUT ke-56 MAN 2 Bantul

King Royal Pride 2024 bukan hanya sebuah festival, tetapi juga wadah di mana Indonesia bisa mempertegas posisinya di peta seni urban dunia.

Pada acara puncak ini, pengunjung akan disuguhkan aksi-aksi spektakuler dari seniman graffiti internasional yang jarang terlihat di Indonesia, menjadikannya kesempatan langka untuk menyaksikan talenta kelas dunia beraksi secara langsung.

Beberapa nama besar yang akan hadir di antaranya adalah Hera of Herakut (Berlin), Zoner (USA), MSV Crew (Thailand), MTS Crew (China), hadir juga Zane Meyer, seorang film director; founder dari Chop Em Down (USA).

Selain itu, seniman-seniman lokal dan internasional lainnya dari Singapura, Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei, Taiwan, Hong Kong, Meksiko, Brasil, Australia, hingga Belanda, yang telah dikurasi oleh tim King Royal Pride, juga akan turut meramaikan acara. Mereka akan melukis graffiti berskala besar dan memenuhi tembok-tembok gedung PFN Heritage.

Tak hanya seni visual, King Royal Pride 2024 juga akan diwarnai oleh penampilan musisi HipHop ternama seperti Iwa K, Tuan Tigabelas, Neo, Begundal Clan, Racun Kota, High Therapy, dan para DJ dari ibu kota.

Baca Juga: Menuju Pertengahan September, MAN 2 Bantul Siap Rayakan HUT ke-56 dengan Berbagai Lomba dan Pentas Seni

Acara ini akan semakin meriah dengan adanya bazaar komunitas, yang menampilkan produk clothing lokal serta coaching clinic DJ yang dipersembahkan oleh Tonehead dan Pioneer, dan juga launching dari cat semprot kolaborasi antara Finedimension dan Diton King, hal ini ditegaskan oleh Ricky Yanuardi, Founder Diton King sekaligus Direktur Acara King Royal Pride.

"Pertemuan lintas budaya dan seniman urban dunia ini dapat membawa referensi dan literasi baru bagi seni urban di Indonesia dan dapat mendorong industri kreatif Indonesia ke level yang lebih tinggi, serta mengharumkan nama Indonesia di peta kesenian urban dunia dengan lebih tegas dan berani," kata Ricky ditulis Selasa (24/9/2024).

Acara ini didukung oleh PFN Heritage dan Yello Hotels sebagai mitra resmi, dengan harga tiket masuk sebesar Rp30.000 per hari.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #festival #akbar #graffiti #internasional #bawa #indonesia #panggung #dunia

KOMENTAR