Air Minum Bersih Langsung dari Pipa Jadi Prioritas Pemerintah Wujudkan Indonesia Emas 2045
Ilustrasi air minum yang sehat (Pexels/LisaFotios)
12:10
20 September 2024

Air Minum Bersih Langsung dari Pipa Jadi Prioritas Pemerintah Wujudkan Indonesia Emas 2045

Pemerintah kini tengah berusaha untuk menyediakan air minum yang layak dan bersih. Bahkan, pada tahun 2045, air pipa bisa langsung diminum masyarakat, tanpa adanya kekhawatiran.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas, Ervan Maksum mengatakan, air minum dan sanitasi yang layak ini menjadi kebijakan pemerintah dalam 20 tahun ke depan.

"Sanitasi yang aman menjadi dasar setiap kebutuhan rumah tangga. Visi besar Indonesia 2045 yakni mencapai 100 persen akses air layak minum, 100 persen air siap minum perpipaan perkotaan dan 70 persen akses sanitasi aman," ujar Ervan dalam keterangnya yang dikutip, Jumat (20/9/2024).

Untuk memuluskan kebijakan itu dibutuhkan kerja sama antara berbagai lembaga. Maka dari itu, pameran Indo Water, Indo Waste & Recycling, Indo Renergy & Electric, Indo Security, Indo Firex, serta Indonesia International Smart City Expo (IISMEX) 2024 Expo & Forum digelar. 

Baca Juga: Intip Kolaborasi Budaya Jepang-Indonesia Dalam Persiapan Menuju World Expo 2025 Osaka

Managing Director PT Napindo Media Ashatama mengungkapkan, pameran yang berlangsung selama tiga hari di JIExpo Kemayoran ini terwujud berkat kolaborasi erat Napindo dengan berbagai lembaga pemerintah.

"Sinergi ini menunjukkan komitmen bersama dalam mendorong pertumbuhan sektor-sektor vital yang mendukung pengembangan kota cerdas dan industri terkait," jelas dia.

Delapan paviliun negara turut tampil, antara lain Indonesia, Austria, Cina, Jerman, Korea Selatan, Singapura, Swiss, dan Turki. 

Dengan kehadiran berbagai negara, mencerminkan pentingnya kegiatan ini sebagai platform internasional untuk bertukar ide, teknologi dan inovasi terkini. 

"Kami mengajak para pengunjung untuk memperkaya wawasan dan membuka peluang kolaborasi lebih lanjut. Pameran ini memberikan gambaran langsung tentang inovasi mutakhir yang dapat diterapkan di berbagai sektor, baik di bidang teknologi air, pengelolaan limbah dan daur ulang, energi baru terbarukan dan kelistrikan, keamanan, kebakaran, SAR, penanggulangan bencana dan K3, maupun solusi kota cerdas," pungkas dia.

Baca Juga: Myaku-Myaku Maskot Resmi World Expo 2025 Osaka Tampil Perdana di Jakarta

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #minum #bersih #langsung #dari #pipa #jadi #prioritas #pemerintah #wujudkan #indonesia #emas #2045

KOMENTAR