Jokowi Terapkan Kebijakan Greenflation yang Disampaikan Gibran dalam Debat?
Gibran dalam sesi debat keempat Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Istimewa)
15:49
22 Januari 2024

Jokowi Terapkan Kebijakan Greenflation yang Disampaikan Gibran dalam Debat?

Sesi debat calon wakil presiden telah dilaksanakan malam tadi, Minggu, 21 Januari 2024. Banyak hal yang menjadi sorotan, termasuk salah satu istilah asing yang lagi-lagi digunakan Gibran Rakabuming, cawapres paslon 2, mengenai greenflation. Jika dilihat secara faktual, apakah Jokowi terapkan greenflation saat ini?

Sebelumnya tidak terlalu banyak yang mengetahui arti dari istilah greenflation. Banyak yang beranggapan istilah ini adalah gabungan dari dua kata utama, green, dan inflation. Namun bagaimana sebenarnya makna konsep tersebut?

Pengertian Greenflation

Greenflation adalah istilah yang berarti kenaikan harga akibat peralihan ke ekonomi hijau. Istilah ini digunakan pada peristiwa kenaikan harga dan krisis tenaga kerja yang muncul seiring terjadinya transisi ke industri ramah lingkungan.

Penyebab utama dari ‘inflasi hijau’ ini adalah pengeluaran perusahaan yang meningkat karena harus melakukan transisi dari sumber energi konvensional ke energi hijau, yang hingga saat ini masih memiliki harga lebih mahal daripada sumber energi konvensional seperti minyak.

Greenflation sendiri diklaim telah terjadi di Indonesia, dan dianggap harus disikapi dengan bijak. Hal ini karena tanpa kebijakan yang tepat, peralihan ke energi terbarukan tidak akan berjalan dengan efektif dan sampai selesai, sehingga masyarakat hanya akan merasakan dampak peningkatan harga terus menerus atas nama masa peralihan.  

Lalu Apakah Pemerintahan Jokowi Terapkan Hal Ini?

Kampanye penggunaan moda transportasi bertenaga listrik sebenarnya telah dilakukan beberapa waktu belakangan ini. Mulai dari mobil hingga motor, kini banyak produk kendaraan listrik yang tersedia di pasar.

Pemerintah juga memberikan insentif dalam berbagai bentuk untuk kendaraan listrik  ini, seperti misalnya subsidi untuk pembelian kendaraan berbahan bakar listrik. Hal ini oleh banyak pihak dianggap sebagai bentuk nyata dari penyikapan yang dilakukan pemerintah pada greenflation.

Namun demikian jika diperhatikan, tarif dasar listrik yang diberikan secara umum mengalami peningkatan seiring dengan kampanye transisi kendaraan ini.

Tentu diperlukan perhitungan lebih akurat pada perbandingan peningkatan tarif dasar listrik dan subsidi yang diberikan pada kendaraan listrik. Jadi pada dasarnya isu ini memang masih perlu diperdebatkan lebih dalam.

Pertanyaan yang dilontarkan Gibran pada Mahfud MD ini justru disikapi dengan santai. Mahfud MD mengatakan bahwa pihaknya akan menggenjot penerapan ekonomi sirkular, melalui berbagai upaya daur ulang sehingga dampak lingkungan dan ekonominya lebih nyata.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #jokowi #terapkan #kebijakan #greenflation #yang #disampaikan #gibran #dalam #debat

KOMENTAR