Dikabarkan Kena Hack, Indodax Apakah Aman atau Tidak?
ilustrasi hack (freepik)
20:51
11 September 2024

Dikabarkan Kena Hack, Indodax Apakah Aman atau Tidak?

Indodax yang merupakan platform exchange aset kripto di Indonesia, baru-baru ini dikabarkan mengalami hack atau peretasan. Kejadian itu lantas membuat Indodax mengalami kerugian mencapai ratusan miliar rupiah. Hal ini memunculkan pertanyaan indodax apakah aman atau tidak?

CEO Indodax Oscar Darmawan memang belum secara resmi memastikan bahwa apakah benar Indodax benar-benar kena hack atau mengalami peretasan. Hanya saja, disebutkan bahwa saat ini, web dan aplikasi Indodax  sedang menjalani maintenance.

Penjelasan tersebut masih membuat banyak orang mengkhawatirkan Indodax. Maka tak heran jika pertanyaan apakah Indodax aman atau tidak muncul kemudian. 

Indodax Kena Hack

Baca Juga: Indodax Tumbang? Kerugian Diduga Mencapai Ratusan Miliar Rupiah

Indodax yang merupakan salah satu pionir platform exchanger kripto atau aset digital di Indonesia diduga kena hack atau mengalami peretasan. Temuan ini pertama diumumkan oleh perusahaan keamanan siber Cyvers Alerts melalui akun X atau Twitter pada Rabu (11/9/2024).

Perusahaan keamanan siber Cyvers Alerts  tersebut mengungkapkan bahwa Indodax telah mengalami peretasan, di mana temuan tersebut merujuk pada adanya transaksi mencurigakan yang ada di platform Indodax.

"ALERT. Hey @indodax, sistem kami telah mendeteksi beberapa transaksi mencurigakan yang melibatkan dompet Anda di jaringan yang berbeda. Alamat mencurigakan sudah menampung USD 14,4 juta dan menukar token ke Ether," demikian tulis akun X @CyversAlerts.

Cyvers Alerts menemukan bahwa ada alamat yang dilaporkan memegang aset senilai sekitar USS 14,4 juta yang kemudian ditukarkan menjadi Ether (ETH).

Tidak lama setelah itu, akun X @CyversAlerts juga menambahkan bahwa mereka menemukan lagi lebih dari 150 transaksi mencurigakan lainnya sehingga total kerugian akibat peretasan diperkirakan mencapai USD 18,2 juta atau setara dengan Rp 280 miliar lebih.

Baca Juga: Indodax Diretas, Ratusan Miliar Aset Rentan Dibobol

Oscar Darmawan, CEO INDODAX. [Indodax]Oscar Darmawan, CEO INDODAX. [Indodax]

Indodax Apakah Aman? 

Sebelumnya, diketahui bahwa Indodax berhasil diretas dengan kerugian yang diperkirakan hingga Rp 280 miliar lebih. Sontak saja, hal ini menjadi pusat perhatian publik, khususnya bagi para pengguna atau member Indodax. 

Melalui akun X Indodax, disampaikan bahwa pihaknya telah menemukan potensi gangguan keamanan pada platformnya.

“Kami ingin menginformasikan bahwa team security kami menemukan potensi indikasi keamanan pada platform kami”, demikian tulis Indodax pada Rabu (11/9/2024).

Saat ini perusahaan sudah melakukan pemeliharaan menyeluruh untuk memastikan bahwa seluruh sistem dapat beroperasi secara normal. Selama proses pemeliharaan, website dan aplikasi Indodax memang tidak dapat diakses. 

Sementara itu, Oscar Darmawan juga sempat menyampaikan bahwa sejauh ini, saldo member Indodax aman 100% secara kripto maupun rupiah.

Perusahaan menyampaikan terima kasih atas kesabaran serta kepercayaan para member atau nasabah. Indodax menyebut bahwa proses pemeliharaan akan dilakukan untuk menjaga keamanan serta kenyamanan transaksi para pengguna.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #dikabarkan #kena #hack #indodax #apakah #aman #atau #tidak

KOMENTAR