Suara UMKM Pasar Lokal Dukung UMKM Garut Naik Kelas
Para narasumber foto bersama dengan peserta acara Pasar Lokal Suara UMKM Vol.4 di Atrium Utama Ciplaz Garut pada Selasa (10/9/2024). (Dok: Suara.com)
16:11
11 September 2024

Suara UMKM Pasar Lokal Dukung UMKM Garut Naik Kelas

Suara.com kembali menggelar Acara Pasar Lokal Suara UMKM Vol.4 di Atrium Utama Ciplaz Garut pada Selasa (10/9/2024). Program tersebut merupakan bagian dari mendukung Transformasi Digital UMKM: Semakin Go Online dengan Strategi Konten yang Tepat untuk Memaksimalkan Cuan.

Acara ini dihadiri oleh 200 peserta pelaku UMKM di Garut. Dibuka langsung oleh CEO & Pempimpin Redaksi Suara.com Suwarjono, acara ini menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Poppy Herüsistiam nager Posind Caliang Garut 441001, Anna Nurbaini Direktur Pemberdayaan Usaha Kementrian Investasi/ BKPM, Maria Whamadhan Account Manager Go Pay-Area Bandung, Duddy RS Editor in Chief Kapolid, dan Wahyu Rohimat Content Creator.

Dalam sambutannya, Suwarjono mengakatan, suara.com menyelengarakan acara Pasar Lokal ini merupakan bagian dari tujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM tidak hanya lokal tapi juga internasional.

"Suara.Com Menyelenggarakan pasar lokal umkm bagian dari kami,tujuannya membantu, mendorong dan meningkatkan kapasitas umkm bapak ibu tidak hanya lokal tpi juga go internasional. Kami juga berharap bisa Berkolaborasi untuk mengembangkan dan memanfaatkan semua platform untuk memasarkan produk kita, ucapnya.

Selain itu, acara ini juga dirancang lebih menarik dengan konsep belajar sambil nge mall dan bagi-bagi kupon yang bisa ditukarkan oleh peserta agar pelaku UMKM yang ada di dalam mall tersebut juga bisa hidup.

Baca Juga: Tingkatkan Infrastruktur dan UMKM Lewat Indonesia Infrastructure and Finance Compact Senilai 649 Juta Dolar AS

"Kami melibatkan tidak hanya peserta tapi juga warga yang ikut menyaksikan, yang kedua kita bagikan kupon-kupon sehingga itu wajib belanja di mall tersebut dan mall nya hidup karena banyak UMKM disitu, yang ketiga itu sambil nge mall biar have fun, belajar gak bosen, karena diberi ruang untuk keliling, nanti juga dapet voucher nonton, harapannya agar lebih menarik," katanya.

Suwarjono juga mengapresiasi dan bangga karena dalam acara tersebut banyak mendapat dukungan dari berbagai mitra yang dapat membantu membesarkan para pelaku UMKM.

"Kami juga sangat bangga dan senang sekali karena acara-acara ini mendapat dukungan , sponsor pospay misalnya, itu memberikan ruang baru, model baru untuk membesarkan bisnisnya . Dan di forum-forum ini pospay ikut membantu , kemudian juga media-media ikut terlibat membantu membesarkan UMKM," jelasnya.

Terkait Pasar Lokal volume. 5 nanti suwarjono berharap banyak pelaku UMKM yang bisa mengakses dan berkolaborasi dengan pemerintah dalam meningkatkan kapasitas menjadi go internasional.

"Kita rencana tahun ke lima ini harapannya semakin banyak UMKM yang ada di daerah tingkat dua yang bisa mengakses dan berkolaborasi dengan pemerintah lokal, pemerintah pusat juga bahwa banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan di daerah-daerah yang baru berkembang atau baru mulai," pungkasnya.

Baca Juga: Teknologi dan Kolaborasi, Kunci UMKM Semarang Menang di Era Digital

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Garut, Ridzky Ridznurdhin saat memberikan speech dalam Acara Pasar Lokal Suara UMKM Vol.4 di Atrium Utama Ciplaz Garut pada Selasa (10/9/2024). (Dok: Suara.com)Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Garut, Ridzky Ridznurdhin saat memberikan speech dalam Acara Pasar Lokal Suara UMKM Vol.4 di Atrium Utama Ciplaz Garut pada Selasa (10/9/2024). (Dok: Suara.com)

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Garut, Ridzky Ridznurdhin mengapresiasi adanya acara pasar lokal ini karena dapat memperkuat pasar lokal menuju scale up dari mikro menuju kemenangan besar.

"Saya sangat apresiasi dan menyambut baik event seperti ini, dan itu mengembangkan bukan hanya pasar global tapi kita juga perkuat dulu pasar lokal dengan pemain-pemain usaha lokal, nanti kita pelan pelan Scale up dari mikro ke kecil , dari kecil ke kemenangan besar," katanya.

Ia juga mengatakan ada dua hal penting yang harus para pelaku UMKM lakukan, yaitu jangan berhenti untuk ber inovasi dan dituntut untuk mampu go digital.

"Dua hal penting yang ingin saya sampaikan, satu UMKM jangan bosen untuk melakukan inovasi, karena produk apapun tanpa inovasi akan mati. Yang kedua harus mampu go digital , jadi jangan berpikir stuck di zona nyaman," ungkapnya.

Ridzky melihat pelaku UMKM yang ada di Garut ini besar melihat dari data potensi dengan basis NIB ini mencapai 46.000 dengan pertumbuhannya yang cepat dan inovasi yang luar biasa.

"UKM digarut kan besar, kalo kita ngambil data oss basis nya NIB itu kan 46.000, ini kan potensi luar biasa besar , itu hanya dari asas formal belum biacara kedalaman, bagaimna sustability nya, bagaimana keberlanjutan nya, pengembangannya, dan yang luar bisa pertumbuhannya cepat dan inovasi inovasi pelaku UMKM digarut juga luar biasa," jelasnya.

Terakhir, Ridzky berharap bahwa UKM yang ada di Garut ini terus tumbuh karena generasi emas ini akan terwujud dari generasi anak muda pelaku UMKM.

"Kami dari pemerintah selalu berharap bahawa UMKM ini terus tumbuh, jadi generasi emas 45 itu akan ada di generasi anak muda hari ini dan itu adalah pelaku UMKM," pungkasnya.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #suara #umkm #pasar #lokal #dukung #umkm #garut #naik #kelas

KOMENTAR