Masyarakat Pilih Destinasi Wisata yang Terjangkau
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, pajak, bea, dan avtur menjadi faktor yang sangat membebani industri aviasi. (Miftahul Hayat/JawaPos)
11:54
11 September 2024

Masyarakat Pilih Destinasi Wisata yang Terjangkau

Traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Kenaikan harga tiket sektor transportasi cukup memengaruhi perilaku wisatawan dan tren perjalanan wisata. Penerbangan domestik dan internasional memiliki hubungan saling menggantikan.

”Masyarakat Indonesia masih lebih memilih destinasi yang terjangkau. Baik secara harga maupun aksesibilitas. Karena berwisata adalah suatu kemewahan, pendapatan dan biaya perjalanan berpengaruh signifikan pada permintaan,” kata Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Addin Maulana.

Data Survei Sosial Ekonomi Nasional menunjukkan, rata-rata peningkatan pengeluaran masyarakat sejak 2020 hingga 2023 naik 11,9 persen per tahun. Sedangkan dari 2022 ke 2023 pengeluaran masyarakat naik 6,1 persen. Hanya saja, pengeluaran terkait pariwisata proporsinya menurun dari 2020 sebesar 29,3 persen menjadi 27,9 persen di 2023.

”Selama semester I 2024, Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi dengan penurunan kecenderungan berwisata warganya,” ungkap Addin Maulana.

Dari sisi elastisitas harga perjalanan, lanjut dia, tiket pesawat domestik dan akomodasi penginapan menunjukkan tren peningkatan. Di sisi lain, tiket pesawat internasional menunjukkan tren penurunan harga.

”Penerbangan domestik dan outbound (luar negeri) memiliki hubungan saling menggantikan. Kenaikan harga di salah satunya akan meningkatkan permintaan di sisi yang lain. Alias terjadi perpindahan moda dan tujuan,” jelas Addin.

Perjalanan dalam negeri paling banyak dilakukan pada Maret, Mei, dan Juni. Periode wisata masyarakat berlangsung selama rata-rata enam hari. Dengan destinasi wisata favorit adalah Bali, Banten, DKI Jakarta, DI Jogjakarta, dan Sulawesi Selatan.

Riset juga menunjukkan harga tiket penerbangan ke domestik untuk ke destinasi di wilayah timur Indonesia cenderung lebih tinggi. Sedangkan untuk destinasi wilayah tengah Indonesia harga tiket cenderung lebih rendah. Harga tiket penerbangan domestik terendah mencakup destinasi ke Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sulawesi Barat, dan Lampung. Untuk tarif penginapan terendah terdapat di Sulawesi Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan.

Addin menyatakan, untuk perjalanan wisata internasional, periode wisata masyarakat berlangsung selama rata-rata 15 hari. Berwisata ke destinasi short-haul dan medium-haul yang jarak tempuhnya relatif pendek dan sedang, menjadi pilihan utama. Destinasi short-haul yang paling banyak diminati adalah Malaysia, Singapura, dan Thailand. Kemudian, medium-haul yaitu Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Hongkong. Sedangkan untuk long-haul destinasi di Turki dan Arab Saudi menjadi semakin populer.

”Amerika Serikat menjadi destinasi ultra long-haul favorit. Wisatawan kini cenderung memilih perjalanan yang lebih lama dan berkualitas, dengan preferensi pada destinasi yang mudah diakses dan terjangkau,” beber Addin Maulana.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, terdapat tiga faktor yang sangat membebani industri aviasi. Yakni, pajak, bea, dan juga avtur. Untuk mengontrol itu, Kemenparekraf telah dilibatkan dalam Satuan Tugas (Satgas) penurunan harga tiket pesawat.

Saat ini lintas pihaknya tengah mengusahakan agar akhir Oktober harga tiket pesawat di Indonesia dapat lebih terjangkau. ”Sehingga akhir Oktober kita harapkan harga tiket bisa lebih terjangkau. Paling tidak turun 10 persen target awal kita,” tandas Sandiaga.

Perjalanan Wisata Masyarakat Indonesia

Dalam Negeri

-2022: 71,3 juta perjalanan

-2023: 74,96 juta perjalanan

Top 5 Destinasi Wisata

-Kepulauan Riau

-Maluku

-Kalimantan Utara

-Nusa Tenggara Timur

-Kalimantan Tengah

Luar Negeri

-2022: 71 juta perjalanan

-2023: 75 juta perjalanan

Destinasi Luar Negeri

-Asia Tenggara

-Asia Pasifik

-Turki

-Arab Saudi

-Amerika Serikat

Sumber: BPS, Tiket.com

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #masyarakat #pilih #destinasi #wisata #yang #terjangkau

KOMENTAR