Kebutuhan Makin Berkembang, Produksi Panel Kubikel Listrik Kedepankan Penggunaan TKDN
Ilustrasi: Panel listrik. (Istimewa)
14:27
9 September 2024

Kebutuhan Makin Berkembang, Produksi Panel Kubikel Listrik Kedepankan Penggunaan TKDN

- Kebutuhan indutri terhadap panel kubikel listrik terus berkembang. Bahkan tegangan yang dibutuhkan tidak hanya untuk tegangan tinggi, tegangan menengah (medium voltage) mulai dicari.

Tingginya kebutuhan panel kubikel listrik ini ditangkap oleh CHINT Group sebagai peluang baru di Tanah Air. CHINT Group merupakan produsen peralatan elektrikal global. Melalui anak usahanya PT CHINT Indonesia, CHINT Group berekspansi dalam produksi panel kubikel listrik tegangan menengah di Indonesia. Tepatnya di Cikupa, Tangerang.

Adapun unit produk yang diproduksi yakni Air Insulated Switchgear (AIS) dengan tegangan 24 kilovolt (kV).

Direktur PT CHINT Indonesia Ace Chang mengatakan, dalam memproduksi AIS, pihaknya berkolaborasi dengan PT NURINDA, perusahaan penyedia panel listrik yang terkemuka di Indonesia. Sinergitas bersama PT NURINDA merupakan salah satu upaya mendukung program pemerintah dalam meningkatkan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Selain itu, juga mengkonsolidasikan penggunaan produk dan membangun ekosistem dalam negeri pada bidang kelistrikan sebagaimana yang digagas PLN melalui program Local Content Movement for Nation (Locomotion).

“Kebutuhan produk peralatan switchgear untuk memenuhi kebutuhan transmisi tenaga listrik di Indonesia tiap tahunnya cukup besar," ujar Ace Chang dalam keterangan resminya yang diterima JawaPos.com, Senin (9/9).

Dikatakannya lagi, pembangunan pabrik panel kubikel listrik yang memproduksi switchgear tipe AIS ini mampu berkontribusi bagi peningkatan produktivitas, dan kompetensi pada sektor ketenagalistrikan di Indonesia, khususnya dalam memenuhi peralatan switchgear dalam negeri.

Senada dengan itu, Direktur PT NURINDA Suwardi Setiawan menargetkan, kapasitas produksi tahunan pembangunan pabrik panel kubikel listrik bersama PT CHINT Indonesia mencapai 2.000 panel listrik AIS. “Harapannya, kami dapat terus memenuhi kebutuhan switchgear dalam negeri,” tutur Suwardi Setiawan.

Untuk diketahui, PT NURINDA merupakan perusahaan lokal yang telah berkiprah selama lebih dari 20 tahun di bidang kelistrikan. Perusahaan itu konsisten dalam menyediakan panel dan perangkat kelistrikan.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #kebutuhan #makin #berkembang #produksi #panel #kubikel #listrik #kedepankan #penggunaan #tkdn

KOMENTAR