20 UMKM Mitra Binaan Pertamina Patra Niaga Regional JBB Ikuti SMEXPO Bandung 2024
Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Barat (JBB) kembali menyelenggarakan Pertamina SMEXPO di Cihampelas Walk Bandung, 6-8 September 2024. (PPN JBB)
23:36
7 September 2024

20 UMKM Mitra Binaan Pertamina Patra Niaga Regional JBB Ikuti SMEXPO Bandung 2024

 

 

 - Pertamina Patra Niaga (PPN) Regional Jawa Bagian Barat (JBB) kembali menyelenggarakan Pertamina SMEXPO (Small Medium Enterprise Expo), sebuah pameran yang berlangsung di Cihampelas Walk Bandung, Jawa Barat pada 6-8 September 2024. Program ini merupakan bagian dari inisiatif TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Pertamina, yang telah rutin diadakan sejak tahun 2020.

Program Pertamina SMEXPO dihadiri oleh Kepala Bidang Usaha Kecil Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Dr. Ucup Yusuf, S.Sos., M.Si. yang mewakili Pj Gubernur Jawa Barat. Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional JBB, Deny Djukardi mengatakan bahwa pada awalnya program Pertamina SMEXPO merupakan salah satu solusi dari Pertamina untuk membantu masyarakat saat pandemi Covid-19 melanda.

Pertamina SMEXPO mengusung tagline 'Lokal jadi Vokal' sebagai inisiasi respons Pertamina terhadap pandemi Covid-19 yang berdampak pada perekonomian global dan aktivitas sosial. Program kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan para pelaku korporasi nasional dan global dengan rangkaian acara.

Rangkaian acara tersebut seperti digital marketplace serta pameran tematik level lokal atau regional, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas UMKM mulai dari produk, pengelolaan bisnis, hingga jaringan pemasaran. "Diharapkan program ini dapat membawa UMKM menjadi lebih dikenal, vokal, diakui, serta dapat bersaing di tingkat nasional maupun global," tambah Deny dalam keterangannya, Sabtu (7/9).

Kepala Bidang Usaha Kecil Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Dr. Ucup Yusuf, S.Sos., M.Si., menyampaikan rasa syukur atas semganat tersebut. Ia menegaskan bahwa berkat dukungan dari BUMN seperti Pertamina, para pelaku UMKM kini mendapatkan bantuan yang sangat dibutuhkan sehingga mereka dapat bertahan dan berkembang.

"Kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran BUMN Pertamina. Sebelumnya, para pelaku UMKM seringkali dianggap sensitif, apalagi sebelum adanya Undang-Undang Cipta Kerja dan pembinaan pasca-Covid," tuturnya.

"Dulu, UMKM sering diplesetkan menjadi 'Usaha-Mu-Karep-Mu', yang berarti usaha tergantung kehendak masing-masing. Namun, sekarang, dengan adanya dukungan dan pembinaan, pernyataan tersebut telah berubah menjadi 'Usaha-Mu-Kudu-Maju'. Ini menunjukkan bahwa kini ada dorongan yang lebih kuat agar UMKM dapat terus berkembang dan maju," imbuh Yusuf.

Program Pertamina SMEXPO merupakan program pembinaan yang bersifat nirlaba untuk membantu para UMKM binaan dalam memperkenalkan produk-produk unggulannya serta meningkatkan revenue bisnis. Selain itu, Pertamina juga menyediakan wadah untuk UMKM dalam mempromosikan dan memasarkan produk mereka kepada masyarakat umum dan berbagai komunitas di Indonesia.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional JBB Eko Kristiawan menyampaikan bahwa program ini juga merupakan salah satu bentuk wujud kontribusi konsisten Pertamina terhadap pembinaan dan pengembangan UMKM Indonesia. Melalui program SMEXPO 2024, Pertamina terus berkontribusi dalam memberdayakan potensi dan kondisi ekonomi, sosial, dan lingkungan masyarakat yang membangkitkan produk UMKM berkualitas.

Pada program ini, sebanyak 20 pelaku usaha mikro dan kecil dari wilayah Jawa Bagian Barat turut ambil bagian. Peserta terdiri dari berbagai sektor usaha, dengan tujuh UMKM yang bergerak di bidang kuliner dan F&B (Food & Beverage), tiga UMKM yang berfokus pada kerajinan tangan (craft), sembilan UMKM di bidang fashion, serta satu UMKM yang menggabungkan dua sektor sekaligus, yakni fashion dan craft.

Pertamina SMEXPO Lokal jadi Vokal menampilkan berbagai kegiatan, mulai dari talkshow yang akan dibawakan oleh narasumber yang berpengalaman, workshop yang tentunya akan memberikan edukasi dan manfaat, voluntary program, UMKM information center serta entertainment lainnya.

"Saya berharap dengan diadakannya program ini, para UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan keterampilan dalam proses produksinya, dan mampu meningkatkan kapabilitas sehingga dapat berkontribusi dengan optimal dan mendukung pertumbuhan ekonomi," pungkas Eko.

Dalam kegiatan ini, hadir pula Staf Ahli Wali Kota Bandung Bidang Sumber Daya Manusia Ricky Gustiadi yang mewakili Pj Wali Kota Bandung. Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Bandung Faisal Tachir, S.Sos., M.AP yang datang sebagai perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Jajaran Manajemen PT Pertamina (Persero), ⁠Jajaran Manajemen Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading (C&T), Corporate Secretary Subholding Pertamina, Area Manager Comm, Rel. & CSR RU VI 6 Balongan, seluruh Manajemen Pertamina Patra Niaga Regional JBB, UMKM Binaan Pertamina yang berpartisipasi dalam Pertamina SMEXPO Bandung, serta para Perwira Pertamina.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #umkm #mitra #binaan #pertamina #patra #niaga #regional #ikuti #smexpo #bandung #2024

KOMENTAR