Tahun ini Ada Pilkada Serentak 2024, Gapensi Jabar Optimistis Sektor Konstruksi Tetap Tumbuh
Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Gabungan Pengusaha Kontruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Jawa Barat, TB Nasrul Ibnu HR. (istimewa)
16:54
7 September 2024

Tahun ini Ada Pilkada Serentak 2024, Gapensi Jabar Optimistis Sektor Konstruksi Tetap Tumbuh

– Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Gabungan Pengusaha Kontruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Jawa Barat (Jabar), TB Nasrul Ibnu HR, menyatakan keyakinannya bahwa pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 tidak akan mengganggu pertumbuhan ekonomi dan sektor konstruksi di Jawa Barat. Menurutnya, sektor konstruksi memegang peranan penting dalam pengembangan ekonomi, terutama dalam pemerintahan yang dipimpin oleh Prabowo Subianto yang fokus pada pembangunan infrastruktur.

"Tidak pengaruh dengan adanya pilkada, pembangunan itu tidak terhenti. Bahkan menjelang akhir tahun banyak infrastruktur yang masih dikerjakan untuk realisasi target pembangunan," ujar Nasrul, dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (7/9).

Nasrul menyampaikan, BPD Gapensi Jabar akan mendukung kandidat kepala daerah terpilih, baik tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota dalam menjalankan program pembangunan. Nasrul berharap kandidat gubernur Jawa Barat terpilih memiliki keberpihakan terhadap keberlanjutan pembangunan di sektor konstruksi, seperti jalan, irigasi bangunan, hingga gedung.

"Kita berharap 30-40 persen anggaran di Provinsi Jawa Barat itu digunakan untuk infrastruktur. Apalagi APBD Jawa Barat itu sekitar Rp 40 triliun. Dengan 40 persen atau sekitar Rp 16 triliun untuk infrastruktur akan memacu akselerasi ekonomi di Jawa Barat," ucap Nasrul.

Nasrul mengungkapkan, optimismenya terhadap potensi besar yang dimiliki Jawa Barat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Ia menilai, dengan berbagai keunggulan dan potensi yang ada, Jawa Barat memiliki kapasitas untuk menjadi penggerak utama ekonomi Indonesia.

"Jawa Barat memiliki berbagai keunggulan yang mendukung potensi ekonominya, seperti letak geografis yang strategis, sumber daya alam yang melimpah, serta infrastruktur yang terus berkembang. Kami yakin, meskipun di tengah pilkada, sektor konstruksi dan ekonomi akan terus berkembang pesat," lanjut Nasrul.

Diantara potensi ekonomi yang dimiliki Jawa Barat, Nasrul menyebutkan sektor industri yang kuat, potensi pariwisata yang menjanjikan, serta keberadaan kawasan industri dan perdagangan yang strategis. Dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur yang ada, termasuk pelabuhan dan bandara internasional, Jawa Barat berpotensi besar untuk menarik investasi dan memacu pertumbuhan ekonomi.

Menurut Nasrul, dukungan terhadap sektor konstruksi sangat penting, karena sektor ini berperan dalam pembangunan infrastruktur yang mendukung berbagai sektor ekonomi lainnya. Ia juga percaya bahwa fokus pemerintahan pada pembangunan infrastruktur akan memperkuat basis ekonomi dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja di Jawa Barat.

"Semangat dan fokus pada pembangunan infrastruktur harus terus didorong, karena ini adalah kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Kami berharap, dalam periode pilkada ini, semua pihak dapat menjaga kestabilan dan terus bekerja sama demi kemajuan Jawa Barat," tambah Nasrul.

Nasrul menyampaikan pengembangan infrastruktur ini sejalan dengan amanat dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan. Nasrul menjelaskan kawasan Rebana merupakan wilayah di Bagian Utara dan Timur Provinsi Jawa Barat yang meliputi tujuh daerah kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Sedangkan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan (Jabarsel) meliputi enam kabupaten, yaitu Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Pangandaran. "Gapensi berkomitmen mendukung percepatan pembangunan Jabar bagian selatan dan pembangunan kawasan Rebana, termasuk kawasan di Patimban," ungkap Nasrul.

Dengan keyakinan ini, Nasrul berharap bahwa pelaksanaan Pilkada serentak tidak hanya akan memperkuat demokrasi, tetapi juga mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. "BPD Gapensi aka mengambil peran sebagai mitra strategis pemerintah yang memprioritaskan pembangunan infrastruktur seperti PSN Patimban," kata Nasrul.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Gapensi Andi Rukman Karumpa mendukung komitmen BPD Jawa Barat dalam mendukung pemda meningkatkan sektor konstruksi. Andi menyebut hal ini merupakan tekad dari seluruh keluarga besar Gapensi di tingkat pusat hingga daerah dalam menyukseskan program pemerintah.

Andi menyampaikan Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Berdasarkan data Databoks, pada Desember 2023, jumlah penduduk Jawa Barat mencapai 49,9 juta jiwa, atau 17,78 persen dari total penduduk Indonesia.

"Tak hanya banyak dari segi jumlah penduduk, Jawa Barat punya potensi besar menjadi salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia," kata Andi.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #tahun #pilkada #serentak #2024 #gapensi #jabar #optimistis #sektor #konstruksi #tetap #tumbuh

KOMENTAR