Erina Gudono Ngaku Diterima di Columbia University, Biaya Kuliahnya Setara 66 Ekor Sapi!
Erina Gudono (Instagram/erinagudono)
20:09
25 Agustus 2024

Erina Gudono Ngaku Diterima di Columbia University, Biaya Kuliahnya Setara 66 Ekor Sapi!

Masa lalu istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono, ikut dibahas di tengah panasnya isu politik RUU Pilkada di tanah air. Salah satunya ialah biaya kuliah di Columbia University.

Di tengah ramainya demo penolakan revisi RUU Pilkada, Erina Gudono dan Kaesang Pangarep terbang ke Amerika Serikat. Mereka terbang ke negeri Paman Sam dengan tujuan mempersiapkan kuliah S2 finalis Puteri Indonesia DIY tahun 2022 tersebut. Erina Gudono sebelumnya menempuh pendidikan S1 di UGM Jurusan Manajemen Keuangan.

Saat tampil di ajang kontes kecantikan Putri Indonesia mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Erina Gudono memperkenalkan diri sebagai mahasiswa S2 Columbia University. Ia juga mengaku mendirikan sekolah marginal untuk anak-anak kurang mampu di Yogyakarta.

Salah satu hal yang disoroti netizen dalam video perkenalan yang beredar itu adalah klaim Erina Gudono bahwa ia merupakan mahasiswa S2 di Columbia University. Salah seorang netizen bertanya-tanya kenapa Erina Gudono mengaku sebagai mahasiswa Columbia padahal dia belum jadi mahasiswa di sana dan bahkan akhirnya menolak tawaran beasiswa LPDP yang konon diperolehnya.

Baca Juga: Banjir Dukungan Putus dari Kaesang, Felicia Tissue Unggah Pesan Bijak

Komentar tersebut menarik perhatian warganet. Banyak yang menjadi tidak percaya dengan klaim Erina Gudono tersebut dan bahkan menuding pihak Puteri Indonesia tidak melakukan cross cek. Sekarang, istri Kaesang Pangarep itu melanjutkan kuliah di University of Pennsylvania.

Dalam salah satu kesempatan ketika berbincang dengan Putri Tanjung, ia mengaku sudah diterima dan mestinya mengikuti perkuliahan pada 2023 lalu. Namun setelah menikah dengan Kaesang, Erina sepakat untuk menunda kuliahnya karena menunggu sang suami.

Terlepas dari isu di atas, berapa biaya kuliah di Columbia University tanpa beasiswa?

Biaya Kuliah di Columbia University

Columbia merupakan lembaga pendidikan swasta yang didirikan pada tahun 1754. Universitas ini telah berhasil meluluskan sarjana mencapai total 8.832 di tahun 2022. Luas kampus mencapai 36 hektar.

Baca Juga: Mitos Menikah di Pura Mangkunegaran Bisa Datangkan Marabahaya, Kaesang-Erina Jadi Bukti?

Sistem pendidikan di kampus ini menggunakan kalender akademik berbasis semester. Universitas Columbia menduduki peringkat ke 12 sebagai kampus terbaik sedunia dalam Best Colleges edisi 2024. Biaya kuliah di Columbia University mencapai $65,524 (kisaran Rp1 miliar).

Kampus Columbia University terkenal dengan lima jurusan populer di antaranya sosial sciences, Engineering, biological and biomedical sciences, computer and information sciences, serta mathematics and statistics untuk tingkat sarjana. Sementara untuk tingkat pascasarjana atau S2, Columbia University menawarkan fakultas kedokteran gigi, bisnis, kedokteran dan bedah, hukum kesehatan masyarakat, dan jurnalisme. Jurusan jurnalisme merupakan jurusan yang banyak peminatnya dan merupakan jurusan pascasarjana populer di tingkat dunia.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: M Nurhadi

Tag:  #erina #gudono #ngaku #diterima #columbia #university #biaya #kuliahnya #setara #ekor #sapi

KOMENTAR